EN | ID
Tutup

Desain Interior Rumah Untuk Dekade Berikutnya

diposting 19 Agustus 2020

Desain Interior Rumah Untuk Dekade Berikutnya

Interior Desainer: Hubungi kami melalui  Highstreet untuk wujudkan bangunan impian Anda dan ikuti  blog kami untuk update mengenai inspirasi desain bangunan.

Interior menjadi pusat perhatian pada tahun 2020, karena lebih banyak orang yang menghabiskan waktu di dalam rumah, Arsitek dan desainer interior semakin menyyadari tanggung jawab mereka dalam meningkatkan kesejahteraan orang-orang melalui rumah ataupun di dalam bangunan lainnya dan bahkan membantu orang-orang dalam pencegahan penyakit, maupun penyebaran virus saat mereka mencari solusi desain terbaik untuk proyek desain interior mereka. Ada beberapa solusi desain yang justur menghasilkan tren desain interior dan membuat beberapa prediksi tentang bagaimana interior akan dikembangkan dalam dekade mendatang.

Desain Biofilik

Tanaman dalam ruangan, baik itu dalam desain rumah, kantor, restoran, atau tempat lainnya menjadi lapisan yang sama sekali baru dalam proyek desain interior. Tanaman yang memiliki ukuran besar sedang menjadi tren dalam desain interior. Pada tahun lalu, konsep desain baru telah memasuki pembicaraan utama, yaitu desain biofilik. Untuk mempertahankan tingkat hubungan tertentu dengan nuansa alam, desain biofilik memiliki tujuan untuk mengintegrasikan alam ke dalam arsitektur bangunan sebagai cara untuk meningkatkan kesehatan, jiwa, dan ekosistem lingkungan secara keseluruhan. Penggunaan kayu reklamasi, tanaman gantung, dinding hijau, dan instalasi hijau adalah beberapa tren utama yang akan membentuk desain interior dalam dekade selanjutnya. Apakah Anda menyukai interior dengan desain biofilik?

Penggunaan Furnitur Alami

Penggunaan serat alami seperti rotan dan anyaman pada furnitur menjadi sangat popular dalam desain interior. Bahan tradisional ini dapat digunakan pada kursi, karpet, dan penerangan. Furnitur yang terbuat dari material alami tetap bisa dipadu-padankan dengan desain yang lebih modern.

Desain Chubby

Furnitur seperti kursi, meja, sofa, dan bahkan lampu menunjukkan lekuk desain terbaiknya yang akan membawa Anda kembali ke masa kanak-kanak dengan memberikan ruangan Anda tampilan yang muda, menyenangkan, dan modern. Tren baru desain chubby ini diawali dengan adanya penerapan furnitur yang didesain dengan tepi membulat dan yang memiliki bentuk tubular. Paduan desain ini juga dikenal sebagai desain neotenik. Istilah desain neotenik berasal dari konsep neoteny yang memiliki fitur anak-anak. Konsep desain ini sangat tepat untuk mendeskripsikan suasana keceriaan karya-karya ini ke ruang mana pun.

Penggunaan Lengkungan

Lengkungan menjadi ciri khas desain dan arsitektur tradisional, sekarang lengkungan mengalami perkembangan dalam penggunaannya karena arsitek dan desainer sering kali menambahkan desain pintu yang melengkung., jendela bundar, dan bentuk cermin melengkung ke proyek desain interior mereka. Selaras dengan tren desain chubby dan desain biofilik, lengkungan juga berkembang sebagai cara baru untuk menambahkan lekukan dan bentuk desain yang lebih organic di dalam rumah Anda. Tidak hanya melalui lengkungan yang sebenarnya saja, tetapi juga melalui pola dekoratif yang dilukis di dinding.

Desain pada Sudu-sudut Mini

Fleksibilitas di dalam rumah menjadi lebih penting daripada sebelumnya saat pandemi belum menyebar luas. Karena rumah menjadi tempat yang segala aktivitas orang-orang pada masa ini, seperti bekerja, nonton bioskop, makan, dan sekolah. Dalam konteks ini, ruang kerja menjadi area semi-formal dan dapat didesain berdampingan dengan ruang lain pada rumah Anda. Hal ini menyebabkan munculnya sudut ruang kantor ataupun belajar mini yang diintegrasikan ke dalam furnitur yang lebih besar, seperti sudut tersembunyi di dalam lemari atau ditambahkan ke rak buku.

Area Gagang Tak Terlihat untuk Ruang Dapur

Kini, desain dapur telah menggantikan pegangan dan membuat Anda saat menarik laci dan lemari, terutama yang memiliki ukuran besar akan lebih menggunakan perangkat keras yang tidak terlihat. Mulai dari jenis perangkat mekanis atau magnetis yang dipasang di dalam kabinet dapur Anda dengan mendorong pintu, hingga pegangan di mana Anda dapat menarik laci karena tepinya didesain miring ke dalam, dan menjadi solusi yang lebih sederhana seperti memasangnya di tepi atas setiap pintu, sehingga hanya sepotong bagian saja yang menonjol keluar. Tujuannya adalah untuk mendapatkan ruang yang punya ukuran minimal dengan tampilan yang ramping dan mudah digunakan.

Desain Tangga Terintegrasi dengan Furnitur

Cara desain interior kreatif lain yang akan banyak bemunculan adalah dengan memanfaatkan ruang yang tersisa di bawah tangga. Beberapa desian interior telah menambahkan ruang penyimpanan atau bahkan intergrasi anak tangga ke dalam desain furnitur yang lebih besar, seperti ruang kerja atau rak. Apakah Anda sudah memanfaatkan dengan baik ruang kosong di bawah tangga rumah Anda?

Desain Kamar Mandi Warna-warni

Sejalan dengan semakin seringnya penggunaan wrna cerah dan berani pada dinding dan furnitur, kamar mandi juga mulai menerapkan pemilihan warna dengan cara yang lebih berani namun tetap terkesan elegan. Jadi Anda tidak perlu khawatir dengan pemilihan warna-warna berani. Desain kamar mandi tidak perlu lagi dipadukan dengan warna putih cerah. Arsitek dan desainer akan meningkatkan energi di dalam ruangan di rumah Anda melalui penggunaan warna-warna berani seperti merah muda, kuning keemasan, biru tua, atau hijau zaitun. Bagaimana dengan penggunaan warna pada desain interior kamar mandi Anda? Apakah Anda tertarik untuk mengubah warna kamr mandi? Cobalah untuk mengubahnya dengan warna-warna berani, namun tetap harus dicat dengan tepat.

Berkembangnya Desain Ruang Terbuka

Siapa yang tidak ingin ruangan di dalam rumahnya menjadi lebih terbuka dan nymanan? Kini, pemisahan ruang formal menjadi lebih jarang digunakan dalam desain interior rumah. Ide desain interior seperti menggabungkan tirai dan panesl ke dalam ruang terbuka menjadi desain yang sangat popular sebagai solusi untuk menyembunyikan area tertentu sesuai dengan cara Anda saat menggunakan ruang Anda di dalam rumah.

Desain Terrazzo Lantai

Lantai marmer yang memiliki ciri khas banyak digunakan pada desain rumah-rumah Venesia lebih dari 500 tahun yang lalu ini pertama kali muncul kembali pada tahun 1970-an. Sementara pada tahun 2019, material tersebut kembali lagi dan menjadi popular di kalangan desainer. Terrazzo yang Anda lihat saat ini adalah campuran dari material serpihan marmer, kuarsa, garnit, dan kaca yang tampak lebih besar, dengan kepadatan yang lebih sedikit dan tampilan grafis yang lebih mencolok.

Anda mungkin akan terus menjumpai konsep desain ini digunakan selama dekade selanjutnya, tetapi tidak hanya digunaakan untuk lantai, konsep ini bisa Anda terapkan juga pada dapur adan furnitur ruang tamu. Pola grafik ini akan muncul jika dicetak pada wallpaper, kain, bahkan dianyam menjadi karpet.

Bagaimana dengan desain rumah Anda saat ini? Dengan berubahnya cara kehidupan orang-orang, tentu saja rumah menjadi perhatian utama dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Jika Anda ingin merenovasi rumah, Anda bisa menghubungi tim kami pada halamanw website ini. Saatnya desain rumah Anda mampu untuk melengkapi kebutuhan Anda.

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak informasi mengenai residensial, Anda bisa mengunjugi www.hydeliving.co.id dan temukan inspirasi rumah impian Anda!

Interior Desainer: Hubungi kami melalui  Highstreet untuk wujudkan bangunan impian Anda dan ikuti  blog kami untuk update mengenai inspirasi desain bangunan.

Artikel ini disadur dari archdaily.com

Bagikan Artikel Ini

Kembali

Tutup

Search

Whatsapp Menu