EN | ID
Tutup

Artikel

Cara Penting Untuk Menciptakan Tempat Kerja yang Sehat dalam Menghadapi Virus Corona

diposting 20 Maret 2020

Cara Penting Untuk Menciptakan Tempat Kerja yang Sehat dalam Menghadapi Virus Corona

Kantor saat ini membuat berbagai langkah untuk memprioritaskan kesehatan di tempat kerja. Mulai dari memperhatikan karyawan yang pilek dan bersin hingga sampai tahap mencegah penyakit yang lain muncul. Dalam waktu ini, yang tengah maraknya penyebaran virus corona atau COVID-19, tempat kerja memang sangat menekankan kesehatan para karyawannya. Dengan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, kantor dapat meningkatkan produktivitas juga performa karyawan. Sudah bukan fakta baru lagi jika sebagian masyarakat yang bekerja menghabiskan waktu sekitar sembilan jam berada di dalam gedung kantor. Tempat itu pun menjadi rumah kedua. Apakah Anda termasuk? Jadi, penting sekali untuk memperhatikan bangunan dan desain interior dari sebuah kantor, apalagi di situasi seperti ini dengan adanya penyebaran virus corona. Berikut hal-hal yang harus Anda perhatikan di lingkungan kerja Anda agar karyawan yang lain dapat ikut inisiatif menerapkan hidup sehat ke dalam lingkungan kerja.

Akan menjadi hal yang kurang jika interior sebuah kantor sudah didesain sesempurna mungkin, namun tidak memiliki fungsi untuk orang-orang yang berada di dalamnya. Hal apa saja yang harus Anda perhatikan terkait dengan desain interior kantor Anda? Simak berikut dan jangan sampai ada yang terlewat. Kantor yang memiliki desain interior idaman pasti akan membuat karyawan betah berlama-lama dan semakin fokus dalam mengerjakan tugas.

1. Ganti Furnitur Kantor Jika Tidak Memiliki Fungsi

Walau kantor Anda mempunyai desain interior yang bagus tapi tidak dengan pemilihan furnitur-furniturnya, itu akan berdampak pada fungsi dari sebuah ruangan. Memang ada banyak pilihn furnitur yang menarik perhatian Anda, tapi belum tentu semua furnitur tersebut tepat untuk melengkapi kebutuhan di dalam sebuah ruangan kantor. Furnitur yang memiliki fungsi sesuai dengan ruangan di dalam kantor akan menambah kesan indah pada desain interior ruangan tersebut. Apalagi pada waktu ini, kesehatan dan keselamatan karyawan Anda harus sangat diperhatikan. Anda tidak ingin kehilangan karyawan dengan performa kerja bagus, kan? Salah satu furnitur yang bisa Anda pilih adalah gunakan keset lantai. Di beberapa tempat kerja, terkadang lantai menampilkan gambar yang tidak rapi, juga menjadi kotor dan licin yang bisa menimbulkan bahaya untuk kesehatan dan keselamatan bagi Anda yang bekerja di tempat kerja seperti itu. Coba ingat lagi bagaimana lantai di tempat kerja Anda? Apakah sudah mendukung untuk keselamatan dan kesehatan karyawannya? Selain keset, Anda juga bisa memilih karpet yang akan diletakkan di pintu masuk. Sama halnya dengan pemilihan keset, karpet menjadi langkah pertama yang penting dalam mengatasi lantai tempat kerja yang kotor dan licin. Ketika Anda sudah memilih karpet yang tepat, furnitur tersebut harus sering-sering dibersihkan secara berkelanjutan. Jika Anda memilih pembersih yang salah untuk membersihkan karpet, pembersih yang mengandung bahan kimia tersebut dapat mengeluarkan kontaminan yang tidak diinginkan yang dapat menurunkan kualitas udara di dalam gedung tempat Anda bekerja. Hal itu juga akan berdampak negatif bagi karyawan maupun orang-orang yang memasuki gedung tempat kerja Anda. Untuk melindungi karyawan dan orang-orang yang berada di dalam bangunan kantor Anda, sangat penting sekali untuk memilih pembersihan yang dilakukan secara berkelanjutan dengan pembersih yang memiliki kandungan senyawa organik atau VOC rendah hingga nol dan rendah hingga tidak berbau. Tidak hanya itu saja, untuk menghilangkan risiko kesehatan lainnya, penting untuk memilih desain ventilasi udara pada sebuah tempat kerja. Sebaiknya, desain interior sebuah ruangan harus dilengkapi juga dengan pencahayaan dan udara yang tepat. Apakah desain kantor Anda sudah memiliki pencahayaan dan jalur masuk udara yang ideal?

2. Pilih Desain Kantor dengan Tepat

Seperti yang diketahui, sebagian besar masyarakat merupakan karyawan yang menghabiskan sebagian waktunya dalam satu hari berada di lingkungan tempat kerja. Dengan begitu, tempat kerja dianggap sebagai rumah kedua yang jauh. Setidaknya banyak karyawan yang menghabiskan waktu mereka, dan dari berbagai ruangan yang ada di tempat kerja, meja kantor menjadi tempat pribadi yang ditempati oleh karyawan. Anda pasti lebih banyak menghabiskan waktu dengan duduk di kursi kantor daripada di tempat tidur Anda sendiri. Dari kursi kantor dan menatap layar komputer, juga langit-langit ruang kerja Anda. Dari situlah Anda bisa melihat apakah furnitur pada meja kantor Anda sudah dipilih dengan tepat atau tidak. Bisa saja dengan pemilihan furnitur yang salah, Anda akan merasakan sakit punggung karena berlama-lama duduk di kursi kantor yang tidak nyaman. Hingga mata Anda yang sakit karena desain meja kantor tidak sesuai dengan posisi komputer. Anda bisa mendesain ruang kerja dalam kantor Anda dengan tidak hanya memperhatikan keindahannya saja, tapi juga kesehatan untuk para karyawan. Untuk membuat desain interior kantor yang memperhatikan kepentingan kesehatan karyawan maupun orang-orang yang berada di dalamnya, ada hal-hal lain yang perlu Anda ketahui. Seperti menerapkan konsep ergonomi yaitu penyerasian antara interior ruangan kerja dengan karyawan, pekerjaannya, dan lingkungannya. Jika karyawan Anda merasa sakit leher karena furnitur yang digunakan tidak mendukung mereka untuk melakukan tugas sehari-hari dengan nyaman. Sampai saat ini pun masih ada yang salah dalam memilih furnitur yang cocok untuk melengkapi desain interior ruang kerja karyawannya. Bahkan banyak dari merek yang merasa tidak nyaman dari furnitur atau peralatan kantor yang diberikan untuk mereka. Apakah Anda salah satunya? Padahal jika Anda mengalami kekurangan dalam anggaran biaya yang dipersiapkan untuk mendesain kantor Anda, Anda bisa saja membeli furnitur dengan harga yang sesuai dengan anggaran biaya Anda dengan kualitas yang baik. Tentu karyawan Anda akan merasa sangat nyaman jika tempat kerja menyediakan kursi, meja kantor, serta furnitur kantor lainnya di ruang kerjanya yang ergonomis. Jangan lupa untuk menyediakan juga meja tinggi yang sesuai dengan model komputer. Jika kantor memiliki furnitur-furnitur yang tepat tentu dapat meningkatkan kenyamanan dan kesejahteraan di tempat kerja.

Tidak hanya itu saja, kualitas udara di dalam ruangan menjadi hal penting. Apakah ruang kerja Anda memiliki kualitas udara yang baik? Anda mungkin tidak melihat polutan udara di dalam ruangan, tetapi itu bukan berarti harus diabaikan. Untuk menghindari pemicu alergi, hingga penyebaran virus, Anda harus mempertimbangkan kain yang digunakan pada furnitur-furnitur di kantor. Untuk pilihannya, Anda bisa menggunakan cat yang tepat untuk dinding juga meletakkan tanaman-tanaman yang dapat menangkal polutan yang ada di dalam ruangan. Jika kualitas udara yang baik, tentu harus didukung dengan pencahayaan yang baik. Dengan adanya pencahayaan yang tepat, Anda bisa mengurangi ketegangan mata yang dialami oleh para karyawan. Selain meningkatkan suasana hati dengan pencahayaan yang benar, akses untuk mendapat cahaya alami seperti cahaya matahari tentu mudah didapatkan.

Anda bisa mulai mempersiapkan desain interior yang tepat untuk kantor Anda dalam menghadapi berbagai macam permasalahan, seperti yang terjadi saat ini, yaitu penyebaran virus corona. Jika Anda masih bingung seperti apa desain interior dan pemilihan furnitur yang tepat untuk kantor Anda, kunjungi saja website resmi High Street atau menghubungi contact service High Street. Saatnya menciptakan lingkungan yang sehat di kantor Anda!

Bagikan Artikel Ini

Kembali

Tutup

Search

Whatsapp Menu