EN | ID
Tutup

Artikel

Desain Interior Kantor Baru: Desain Ergonomi

diposting 9 Oktober 2020

Desain Interior Kantor Baru: Desain Ergonomi

Interior Desainer: Hubungi kami melalui  Highstreet untuk wujudkan bangunan impian Anda dan ikuti  blog kami untuk update mengenai inspirasi desain bangunan.

Apa kesan pertama dari desain kantor Anda? Apakah desain interior kantor Anda memiliki estetika yang tinggi? Apakah furnitur pelengkap desain interior kantor Anda menarik dan terasa mengundang?

Kantor Anda dapat didesain dengan ruang kerja yang sangat kreatif dan modern, tetapi apakah dapat sesuai dengan kesan bagi pengunjung dan karyawan Anda? Faktanya adalah banyak orang sering mengabaikan pentingnya merancang tempat kerja yang sesuai dengan kebutuhan karyawan Anda, yang pada akhirnya akan menghabiskan sebagian besar waktu mereka di tempat tersebut.

Pengaruh Desain Interior Kantor dan Produktivitas Karyawan

Interaksi tubuh manusia dengan lingkungan sekitarnya akan mampu menyeimbangkan antara desain kantor dan kondisi fisiknya. Ketika mendesain interior kantor, Anda bisa menerapkan konsep desain ergonomi yang memiliki manfaat pada produktivitas karyawan Anda. Ergonomi berkaitan dengan kesesuaian desain kantor dengan manusia. Dengan Anda mempertimbangkan kemampuan dan keterbatasan orang, desain kantor yang dirancang secara ergonomis berupaya agar didesain efektif agar fungsional bagi karyawan Anda.

Desain kantor Anda harus didesain untuk aktivitas kerja tim, dan yang lebih penting menyediakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi karyawan Anda. Desain interior kantor yang Anda pilih akan memiiki dampak yang besar terhadap produktivitas karyawan Anda. Memanfaatkan desain ruang kerja sebaik-baiknya melalui penataan letan furnitur yang optimal, mengintegrasikan faktor karyawan Anda ke dalam desain kantor, dan secara efektifi menyelaraskan kantor dengan lingkungan sekitarnya menjadi bagian yang penting dari konsep desain ergonomi.

Integrasi kenyamanan karyawan Anda ke dalam desain kantor menjadi sangat penting untuk memastikan para karyawan Anda bekerja dengan kemampuan terbaik mereka. Meskipun karyawan Anda yang duduk di mejanya tampak tidak memberikan kesan bahwa dia melakukan tugas yang berat, hal ini akan diketahui menyebabkan gangguan yang dapat berdampak buruk pada kesehatan.

Pertimbangkan Konsep Desain Interior Kantor

Salah satu gangguan yang berhubungan dengan tempat kerja biasa disebut sebagai Repetitive Stress Injury (RSIs). Misalkan saja untuk melengkapi desain interior kantor, Anda pastinya memilih kursi dan meja untuk karyawan Anda. Jenis kursi atau meja yang salah, postur tubuh yang salah dapat berakibat fatal dalam waktu jangka panjang. Jika hal ini terjadi, bisa membuat mata karyawan Anda tegang, menyebabkan sakit kepala, sakit punggung, sakit leher, dan sindrom terowongan karpal karena sifat pekerjaan yang berulang.

Ada juga kemungkinan mengembangkan risiko cedera akibat postur tubuh yang canggung atau sifat pekerjaan yang berulang dapat membuat karyawan Anda tidak nyaman dan memicu stres yang berhubungan dengan pekerjaan.

Melalui penerapan kosnep desain ergonomi yang akan membantu menempatkan funritur yang diperlukan untuk memastikan bahwa tidak ada ketegangan yang tidak semestinya terjadi pada karyawan Anda. Dengan meningkatnya tingkat cedera dan penyakit yang disebabkan oleh desain kantor, karyawan Anda bisa saja menurun produktivitasnya.

Rancang Desain Kantor yang Tepat

Meja kantor yang berantakan menjadi salah satu alasan utama mengapa kantor memiliki tingkat ketidakhadiran yang tinggi dan semangat kerja yang rendah di tempat kerja. Desain kantor harus bertujuan untuk mendesain agar sesuai dengan kebutuhan karyawan Anda daripada memaksa karyawan Anda untuk menyesuaikan dengan desain kantor tersebut. Penataan letak kursi dan meja pada desain interior kantor harus Anda rancang dengan tepat agar menciptakan suasana yang ramah untuk karyawan Anda. Desain kantor tersebut akan memungkinkan karyawan Anda untuk menghasilkan hasil terbaik dengan tetap menjaga kesehatannya.

Konsep desain ergonomi memerlukan penerapan desain yang sesuai dengan tempat kerja karyawan Anda, kebutuhan pekerjaan dan posisi karyawan Anda. Penerapan desain ini akan berfokus pada penempatan kursi, meja, monitor, telepon, dan keyboard.

Penerapan konsep desain ergonomi yang tepat dianggap penting dalam desain kantor modern. Tempat kerja terbaik dirancang untuk karyawan dan di sekitar karyawan Anda. Desain kantor yang ideal biasanya akan menghindari ruang tertutup seperti bilik dan mendorong area krja yang lebih terbuka dan dinamis. Namun, dalam situasi pandemi, Anda tetap bisa menerapkan konsep desain kantor yang ergonomi dan mempertimbangkan kembali jika ingin mendesainnya dengan gaya ruang terbuka. Melibatkan karyawan Anda dalam proses desain juga menjadi ide yang bagus. Karyawan yang terlibat dalam proses desain meja kerja mereka menunjukkan tingkat komitmen yang lebih tinggi dan lebih produktif.

Pentingnya Konsep Desain Interior Kantor yang Ergonomi

Mendesain kantor, Anda tidak bisa terlalu menekankan pentinganya ergonomi. Agar Anda memiliki pemahaman yang lebih baik tentang interior kantor yang dapat mengintegrasikan ergonomi ke dalam desain kantor dengan cara yang lebih efektif.

Tempat kerja yang didesain secara ergonomis akan sangat membantu dalam menciptakan perbedaan positif sikap karyawan Anda dan mempertahankan suasana yang kondusif di dalam kantor.

Kursi dan Meja pada Desain Interior Kantor Ergonomi

Furnitur yang tepat selalu menjadi ciri khas dari desain interior kantor yang baik. Menempatkan furnitur harus dalam jumlah yang tepat dari kenyamanan dan fungsional untuk mempertahankan pandangan yang sepenuhnya efisien. Kursi yang dapat Anda sesuaikan dan meja fleksibel dapat meningkatkan lingkungan kerja untuk karyawan Anda, sehingga meningkatkan produktivitas kerja melalui konsep desain ergonomi yang tepat. Ini juga akan mengurangi risiko ketengangan punggun dan terowongan karpal, seperti yang sudah disebutkan di atas.

Pencahayaan Ramah pada Desain Interior Kantor

Pernah merasakan hari kerja yang eksterm ketika cahaya tepat di atas tempat kerja Anda sangat terang dan mata Anda terasa tegang saat berkonsentrasi pada pekerjaan? Inilah mengapa pencahayaan yang tepat menjadi bagian yang penting dari desain interior kantor, terutama ketika Anda memperimbamgkan untuk menerapkan konsep desain ergonomi. Anda juga dapat menggunakan pencahayaan yang bisa menyesuaikan pengaturan secara khusus untuk penggunanya.

Lemari Penyimpanan Lengkapi Desain Interior Kantor

Karywan Anda tidak dapat berharap untuk menjalankan pekerjaan yang berfungsi penuh tanpa adanya penyimpanan yang tepat. Setiap karyawan membutuhkan satu set unit penyimpanan fleksibel. Ini dapat ditempatkan menjadi bagian dari meja atau dapat dipasang secara terpisah untuk menyimpan semua yang penting. Dengan adanya lemari penyimpanan yang melengkapi desain interior kantor Anda, produktivitas karyawan Anda akan meningkat dan menjaga agar semua bahan kerja relatif mudah dijangkau oleh karyawan Anda.

desain kantor ergonomis

Di Highstreet, kami sangat menyadari bagaimana desain interior kantor yang indah dan ergonomis dapat bermanfaat bagi karyawan Anda secara keseluruhan. Anda dapat berkonsultasi dengan kami untuk memberikan desain terbaik dan paling ramah untuk kantor dan karyawan Anda. Anda bisa menghubungi kami melalui customer service yang ada pada halaman website ini.

Artikel ini disadur dari The New Wokrplace: From Wellness To Wellbeing.

Interior Desainer: Hubungi kami melalui  Highstreet untuk wujudkan bangunan impian Anda dan ikuti  blog kami untuk update mengenai inspirasi desain bangunan.

Bagikan Artikel Ini

Kembali

Tutup

Search

Whatsapp Menu