EN | ID
Tutup

Artikel

Desain Kantor Aman: Pilih Rancangan Ventilasi yang Tepat

diposting 24 Juli 2020

Desain Kantor Aman: Pilih Rancangan Ventilasi yang Tepat

Interior Desainer: Hubungi kami melalui  Highstreet untuk wujudkan bangunan impian Anda dan ikuti  blog kami untuk update mengenai inspirasi desain bangunan.

Mempertimbangkan efek dari pandemi COVID-19 pada sistem ventilasi dan pendingin udara pada desain interior kantor. Seperti yang sudah Anda ketahui, penularan virus terjadi terutama melalui dua jalur dari tetesan pernapasan yang dihasilkan oleh batuk dan bersin, juga melalui kontak dengan permukaan yang terkontaminasi. Cara penularan virus yang dominan ini diasumsikan oleh tetesan yang umumnya jatuh dari aliran udara dalam jarak pendek, sehingga aturan untuk menjaga jarak sosial sejauh 2 meter dan mengamati jarak sosial yang diterapkan. Ada juga yang menunjukkan bahwa itu dapat menyebar melalui udara, terutama di dalam ruangan yang memiliki ventilasi buruk.

Selain kedua hal tersebut, rute transmisi ketiga bisa di tempat toilet. Dianjurkan bahwa saluran pada perangkat sanitasi di tempat tersebut tidak mengering. Mekanisme untuk pencegahan utama terhadap COVID-19 tetap secara teratur menjaga kebersihan lingkungan kantor dan pribadi dan mematuhi persyaratan jarak sosial dan tetap tinggal di rumah.

Apakah Sistem Ventilasi Kantor Aman Selama Pandemi?

Kembali bekerja dari kantor sudah dilakukan secara bertahap dan panduan jarak sosial akan tetap berlaku jika memungkinkan. Awalnya ini cenderung mengurangi keramaian saat berada di kantor  dari standar 1 orang per 8 atau 10 m2 menjadi setidaknya 1 orang per 12,5 m2 atau tergantung dengan luas dari ruang kantor terssebut.

desain ventilasi interior kantor

Desain interior kantor direkomendasikan untuk memiliki sistem ventialasi mekanis untuk periode yang lebih lama dan memastikan bahwa udara dibersihkan untuk mengurangi risiko potensi penularan virus melalui udara dengan mengurangi pemaparan ke aerosol virus yang ada di udara. Untuk ruang kantor yang tidak berventilasi, peningkatan penggunaan jendela yang dapat dioperasikan sangat dianjurkan. Anda juga bisa mengombinasikannya dengan kepadatan kantor yang berkurang, sistem ventilasi pada desain kantor harus menyediakan lingkungan yang aman. Lalu, hal apa yang harus Anda perhatikan dalam mendesain ruang kantor yang aman dan sehat? Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam mendesain interior kantor Anda agar bisa menerapkan sirkulasi udara yang tepat.

  1. Mengurangi potensi kontaminasi silang dari ventilasi ke udara segar yang masuk sangat penting. Setiap jalur resirkulasi harus diidentifikasi dan juga dihilangkan. Ini sangat penting untuk Anda terapkan pada desain interior kantor.
  2. Beberapa bentuk sistem pemulihan untuk udara panas dalam ventilasi dapat menyebabkan kontaminasi silang dan harus dinondaktifkan. Ventilasi yang buruk desain interior kantor.
  3. Sistem udara pada ruangan kantor Andda harus pasif dan aktif meresirkulasi udara dan sistem ini harus sering dibersihkan.

Bisakah Sistem Ventilasi Desain Kantor Lebih Efektif?

Tampak jelas bahwa pemasangan filtrasi yang lebih baik ke sistem ventilasi desain kantor Anda akan mengurangi risiko tetesan udara dari pernapasan yang ditransimisikan ke seluruh gedung. Namun, ada sebagian besar sistem ventilasi desain kantor belum dirancang memilliki tingkat filtrasi yang efektif. Jika Anda menerapkan sistem ventilasi yang efektif, secara tidak langsung akan mengurangi tingkat ventilasi yang diperlukan untuk pembersihan udara yang efektif. Jika Anda memiliki kekhawatiran mengenai kualitas udara, sebaiknya Anda memasang pembersih duara portable. Pembersih udara tersebut dapat Anda pasang di area meja dan kantor yang tidak memerlukan koneksi ke sistem ventilasi ruang kantor utama.

Hal penting yang perlu Anda ketahui selanjutnya adalah sensor kualitas udara di dalam ruangan yang juga mennjadi indikator yang baik tentang efektivitas sistem ventilasi. Sensor kualitas udara tersebut dapat dengan mudah Anda pasang, tetapi idelanya untuk desain kantor Anda akan dihubungkan dengan sistem ruang kantor yang responsive sehingga sistem ventilasi keseluruhan ruang kantor menanggapi hunian dan kondisi kantor Anda.

Apakah Sistem Ventilasi Kantor Masa Depan Akan Menjadi Bukti Pandemi?

Dasar-dasar mengenai sistem ventilasi desain ruang kantor tidak mungkin berubah secara signifikan, meskipun jauh lebih bnayka pertimbangan yang diberikan kepda Anda dan ruang kantor dia masa depan, serta penggunaan energi dari sebelumnya. Desain kantor di masa depan akan membutuhkan fleksibilitas yang lebih besar dalam hal penggunaan sistem ventilasi yang harus responsive dan mudah beradaptasi. Penggunaan teknologi seharusnya mendorong efisiensi energi yang diperlukan untuk ruang kantor.

Menerapkan sistem ventilasi yang menggabungkan prinsip-prinsip ruang kantor yang baik dalam hal meningkatkan kualitas udara dalam ruagnan dan meningkatkan kesadaran dan kondisi para karyawan Anda yang bekerja dari kantor. Meskipun tidak adan jaminan yang menjadi bukti pandemi yang menggunakan standar-standar tersebut akan mendorong peningkatan kesejahteraan karyawan Anda.

Pandemi COVID-19 mungkin menjadi pemicu stress yang mendorong banyak ruang kantor untuk mengadaptasi desain interior kantor yang sehat, dan manfaat ventilasi yang baik dapat bertahan lama setelah pandemi itu menghilang.

Desain Interior Kantor Sehat Kurangi Risiko

Banyak informasi yang Anda miliki tentang bagaimana membuat desain kantor menjadi tidak ramah terhadap virus flu yang selalu ada. Anda bisa mendesain ruang kantor yang sehat dimuali dengan dasar-dasar seperti karyawan Anda yang bekerja dari kantor. Dengan begitu, Anda bisa meminimalkan risiko penyebaran penyakti di gedung perkantoran dan mulai menjauhkan karyawan Anda dengan menerapkan budaya bekerja dari rumah.

Banyak ruang kantor saat ini tidak memenuhi standar ventilasi, meskipun dengan adanya ventilasi yang baik akan menunjukkan bahwa ada manfaat untuk memenuhi standar tersebut. Jika desain interior kantor Anda memenuhi rekomendasi ventilasi paling dasar, tingkat flu bisa dikurangi. Tingkat kelembaban di ruang kantor Anda juga dapat dikurangi untuk melawan penularan penyakti. Virus tersebut dapat bertahan ketika kelembaban di dalam ruang kantor ada sekitar 50 atau 60 persen. Ketika kelembaban terlalu rendah atau terlalu tinggi, virus tersebut dapat menyebar dengan lebih mudah. Orang-orang yang bekerja di kantor dengan desain kantor terbuka, di mana meja dekat dan tidak adanya penghalang di antara karyawan Anda. Berbeda halnya dengan orang yang bekerja di ruang-ruang dengan empat dinding dan pintu tidak sering sakit, karyawan ini tidak duduk hanya beberapa meter dari orang lain, dan hanya menghirup udara mereka sendiri di area meja kerja mereka juga.

Begitu desain interior kantor menemukan apa yang benar-benar berfungsi, perubahan pada desain kantor Anda perlu terjadi di setiap ruangan. Ruang kantor bukan hnaya bangunan untuk tempat karyawan Anda bekerja. Sistem yang meningkatkan kualitas udara akan membuat perbedaan yang sehat dan aman untuk karyawan Anda.

desain ventilasi interior kantor

Bagaimana desain interior kantor Anda? Terutama ventilasi kantor Anda perlu diperhatikan agar tidak terjadi peningkatan penyebaran COVID-19 pada kantor Anda. Dengan begitu, karyawan Anda akan tetap produktif bekerja dari kantor. Jika Anda ingin berkonsultasi dengan kami mengenai desain interior kantor, Anda bisa bekerja sama dengan kami dengan menghubungi customer service kami.

Interior Desainer: Hubungi kami melalui  Highstreet untuk wujudkan bangunan impian Anda dan ikuti  blog kami untuk update mengenai inspirasi desain bangunan.

Bagikan Artikel Ini

Kembali

Tutup

Search

Whatsapp Menu