EN | ID
Tutup

Artikel

Desain Kantor COVID-19: Masa Depan Desain Coworking

diposting 11 September 2020

Desain Kantor COVID-19: Masa Depan Desain Coworking

Interior Desainer: Hubungi kami melalui  Highstreet untuk wujudkan bangunan impian Anda dan ikuti  blog kami untuk update mengenai inspirasi desain bangunan.

Sejauh ini, industri co-working sebagian besar sudah difokuskan pada pengembangan desain kantor di kota-kota besar. Namun, seperti yang sudah ditunjukkan sebelumnya, terlepas dari banyaknya orang yang selalu mempertimbangkan co-working sebagai alternatif desain kantor pilihannya¸ ruang kerja yang didesain fleksibel seperti kehilangan penggemarnya. Situasi pandemi membuat kantor perlu mengadaptais desain kantornya dengan perubahan situasi dan kondisi. Bagaimana dan di mana co-working akan berkembangan menjadi pertanyaan berikutnya yang Anda perhatikan.

Untuk mengatasi pandemi, inovasi baru mengenai perkembangan desain co-working adalah Anda memanfaatkan area pinggiran kota. Dengan perkembangan desain kantor di kota-kota besar, mereka yang kemungkinan besar memiliki kantor pusat yang berbasis di kota-kota semakin mengadopsi cara kerja yang fleksibel, desain ruang kerja bersama yang memiliki efek transformatif tidak hanya desain kantor yang memperhatikan kesejahteraan, tetapi juga tentang lingkungan. Manfaat ini secara langsung berhubungan dengan menghilangkan kebutuhan karyawan Anda untuk bepergian jarak jauh. Perlu Anda ketahui, jika co-working dipindahkan ke lokasi yang lebih terjangkau oleh karyawan Anda, mereka akan mengurangi waktu dalam melakukan perjalanan. Ini sama halnya dengan lebih banyak waktu untuk tidur atau menjaga anak mereka. Selain itu, penurunan emisi karbon sama pentingnya, perubahan ini akan menghilangkan kadar karbondioksida setiap tahun. Jika lokasi co-working berada di pinggiran kota, peningkatan ruang kerja bersama di pinggiran kota dapat menurunkan emisi karbondioksida.

Hal ini sangat masuk akal bagi Anda yang kantornya masih beroperasi saat ini dan menjalankan kebijakan bekerja dari kantor, di mana kesehatan staf Anda menjadi perhatian. Di mana fasilitas ini akan berlokasi, tetapi dapat dipastikan bahwa sebagian besar akan berada dalam konteks ex-retail.

Dampak Pandemi Terhadap Desain Kantor

Dampak dari pandemi Coronavirus mungkin akan terus dirasakan selama beberapa minggu mendatang karena Anda tentu sudah terbiasa  dengan langkah-langkah baru seperti jaga jara, hanya keluar saat memang ada hal penting yang harus dikerjakan, dan tidak bisa bertemu teman dan keluarga lain. Namun demikian, salah satu perubahan yang paling mencakup semua hal yang muncul dari situasi pandemi ini adalah bagaimana dan di mana Anda bekerja. Bagi sebagian besar dari Anda bekerja dari rumah membutuhkan waktu untuk membiasakan diri, dengan banyak meja dapur, sofa, dan bahkan sudut tanaman digunakan untuk menggantikan meja kantor lama yang nyaman. Dengan banykanya perusahaan yang sekarang ingin mengevaluasi seperti apa kembalinya Anda ke pekerjaan setelah kondisi normalitas kembali, Anda dapat mengintegrasikan bekerja dari rumah ke dalam satu minggu kerja dan mungkin saja menjadi sesuatu yang dibahas sebagai cara kerja jangka panjang. Sebagai akibatnya, satu pertimbangan adalah cara bekerja yang nyaman yang Anda butuhkan.

Pendekatan istilah hub and spoke ke dalam desain kantor adalah gaya yang bisa menjadi lebih popular pada masa pandemi. Ini melibatkan kantor Anda memiliki desain kantor utama dan banyak kantor cabang yang lebih kecil dan seringkali ditempatkan lebih dekat dengan rumah Anda sebagai karyawan. Dalam masa transisi pasca COVID-19, gaya desain kantor ini akan sangat Anda butuhkan, kantor jenis ini akan mengurangi kebutuhan para karyawan untuk menggantikan transportasi umum dan juga akan menawarkan lingkungan kerja yang efektif. Adanya harapan dalam adaptasi desain kantor yang lebih tinggi dari jenis ini untuk meningkatkan permintaan akan kantor yang didesain secara fleksibel di pinggiran kota dalam jangka pendek, dan juga dalam jangka panjang. Sebagian dari Anda sebagai karyawan kemungkinan besar akan memiliki kebutuhan untuk membuat pengaturan kerja dalam jenis desain kantor ini menjadi permanen.

Satu pertanyaan yamg Anda pikirkan adalah di mana tepatnya desain kantor yang fleksibel di pinggiran kota ini akan berlokasi. Satu hal yang mungkin bisa Anda pertimbangkan dalam mendesain kantor fleksibel di pinggiran kota dan bekerja sama untuk membantu menyegarkan kembali jalan raya, dengan menempati unit ritel yang kosong. Mendesain ruang tempat karyawan Anda bisa datang untuk bekerja serta mengakses toko atau fasilitas lain bisa sangat menarik dalam desain kantor jangka pendek karena sekarang orang-orang menghindari transportasi umum, tetapi juga hal ini bisa menjadi rencana jangka panjang yang bisa dilakukan oleh kantor Anda, terutama saat Anda mulai bergerak ke budaya kerja yang lebih fleksibel.

Desain Kantor Fleksibel di Pinggiran Kota

Kantor yang fleksibel bisa memberikan pengalaman bekerja yang menyenangkan dan nyaman untuk Anda, apalagi ditambah dengan infrastruktur teknologi dan koneksi internet yang sudah ada, kursi dan meja yang didesain ergonomis akan tampak bagus. Desain kantor di pinggiran kota juga bisa menyediakan tingkat interaksi sosial yang tidak Anda dapatkan secara tatap muka saat bekerja dari rumah. Meskipun Anda mungkin tidak memiliki rekan kerja yang lengkap, elemen bersoisalisasi tetap menjadi hal penting saat bekerja.

desain kantor

Sementara selain kantor yang bisa berlokasi di pinggir kota, akibat dari COVID-19 lainnya tempat kerja akan berubah selamanya. Anda belum bisa kembali ke desain kantor masa lalu, hanya saja Anda sementara “kembali” ke kantor sebelumnya. Sementara Anda akan berada di kantor dengan desain baru, mungkin terlihat serupa dalam banyak hal, tetapi itu akan dimodifikasi dengan cara desain yang lebih strategis, menggabungkan desain baru, protokol baru, dan teknologi baru. Perubahan ini akan terjadi sebagai tanggapan atas kekhawatiran Anda yang semakin meningkat tentang implikasi pandemi yang masih terjadi. Dengan adanya pandemi, Anda mendapat pemahaman baru dari perpanjangan masa transisi ini seperti Anda mulai bekerja dari rumah, sebuah pengalaman yang telah membuka mata banyak orang tentang cara teknologi dapat mendukung Anda dalam pekerjaan Anda dan membebaskan Anda dari kanotr. Anda juga sudah mulai terbiasa dengan rutinitas harian tanpa beban perjalanan yang biasa Anda lakukan ketika pergi ke kantor.

Semua ini menambah masa depan kantor di mana orang-orang ingin bekerja dari rumah lebih sring daripada sebelum pandemi terjadi. Terlepas dari pernyataan tersebut, beberapa orang beranggapan bahwa kebijakan bekerja dari rumah secara waktu penuh akan tetap ada setelah pembatasan COVID-19 dilonggarkan. Namun, ada beberapa indikator bahwa bekerja dari rumah secara permanen tidak berkelanjutan untuk pengembangan budaya dan bakat, juga bukan pengganti kecepatan dalam kepercayaan dan kolaborasi yang telah dibangun melalui bekerja secara tatap muka atau bekerja dari kantor. Kerja kolaboratif dapat bergerak maju dengan kecepatan kepercayaan yang dibangun dalam hubungan antar karyawan.

Bagaimana dengan desain kantor Anda dalam menghadapi pandemi ini? Apakah sudah memberikan Anda rasa nyaman dan aman? Jika Anda ingin mengadaptasi desain ruang kantor Anda dalam dalam menghadapi pandemi, Anda bisa bekerja sama dengan kami dan kami siap membantu Anda.


Interior Desainer: Hubungi kami melalui  Highstreet untuk wujudkan bangunan impian Anda dan ikuti  blog kami untuk update mengenai inspirasi desain bangunan.

Artikel ini disadur dari Why the Future of Coworking is Suburban

Bagikan Artikel Ini

Kembali

Tutup

Search

Whatsapp Menu