EN | ID
Tutup

Artikel

Desain Kantor untuk Social Distancing

diposting 24 Juni 2020

Desain Kantor untuk Social Distancing

Interior Desainer: Hubungi kami melalui  Highstreet untuk wujudkan bangunan impian Anda dan ikuti  blog kami untuk update mengenai inspirasi desain bangunan.

Ketika Indonesia telah mengurangi pembatasan sosial berskala besar atau PSBB dan beralih ke masa transisi, pertanyaan tentang apakah semua karyawan, yang beberapa dapat bekerja dari rumah harus Kembali ke tempat kerja tampaknya menjadi topik perhatian. Namun, di luar dari peraturan yang diberikan oleh Pemerintah dan adanya risiko kembali bekerja dari kantor akibat berpeluang penyebaran COVID-19. Kantor pun menghadapi peningkatan kecemasan pada karyawannya, apalagi jika desain kantor tersebut merupakan tempat terbuka yang berbagi meja kerja masih belum aman untuk digunakan. Apakah pandemi COVID-19 akan menyebabkan perubahan permanen pada desain kantor, budaya, dan perilaku manusia masih dalam perdebatan. Namun, mengatasi rasa khawatir untuk kembali ke kantor adalah sesuatu yang bisa Anda atasi dan memastikan bahwa ide untuk kembali ke kantor tidak akan membuat Anda khawatir. Jasa desain  interior pun memiliki ide tentang cara menghilangkan kekhawatiran bagi karyawan yang akan kembali ke kantor. Anda pasti bertanya-tanya, bagaimana menerapkan jarak sosial di dalam kantor? Bagaimana Anda tetap merasa aman bekerja dari kantor?

Desain Interior Kantor Instal Tanda Baru

Pandemi COVID-19 telah mengubah banyak hal pada kegiatan sehari-hari Anda. Apalagi jika Anda berada di ruang kantor. Tanda lantai, tanda jarak sosial, dan poster mencuci tangan, semua dapat memberikan karyawan Anda merasa tenang bahwa kantor Anda telah mengadaptasi lingkungan kantor Anda.

Desain Interior Kantor Instal Layar Higenis

Dengan menerapkan screen atau layar antar meja kerja yang dirancang untuk mencegah penyebaran COVID-19 antar karyawan. Karyawan Anda pun akan dapat kembali bekerja dari kantor dengan lebih percaya diri.

Desain Kantor untuk Kurangi Hotdesking dan Tingkatkan Posisi Meja Tetap

Walaupun Anda ingin karyawan Anda bekerja pada hotdesking, tampaknya Anda tidak bisa lagi menggunakannya pada masa seperti ini. Pastinya, karyawan Anda tidak akan mau untuk duduk di meja yang telah digunakan oleh orang lain. Untuk Mengatasinya, Anda bisa memberikan posisi meja yang tetap untuk karyawan Anda. Jadi hanya satu orang saja yang dapat menggunakan meja tersebut. Karyawan Anda pun tidak perlu lagi merasa khawatir karena telah berbagi area meja dengan karyawan lainnya.

Desain Interior Kantor Ubah Fasilitas Kantin

Adaptasi kantor Anda pada masa new normal bisa dengan mengurangi keramaian pada aktvitas kantin Anda. Tidak ada lagi prasmanan yang disajikan. Di area mana saja yang memungkinkan keramaian akan membuat karyawan Anda merasa khawatir. Namun, jika Anda tidak ingin mengubah fasilitas kantin di kantor Anda, Anda bisa mengubah desain kantin Anda dan menyesuaikan dengan protokol kesehatan.

Desain Interior Kantor Ubah Desain Lift

Jika Anda tidak ingin mengubah desain lift kantor Anda, sebaiknya karyawan Anda mulai untuk menggunakan tangga daripada lift dan eskalator jika mereka bisa. Ini adalah area di mana kepadatan berlebihan dapat terjadi. Fasilitas lift digunakan untuk karyawan Anda yang benar-benar membutuhkan dan kurangi jumlah orang yang menggunakannya dalam satu waktu. Tetapi, jika Anda ingin mengubah desain lift, Anda dapat menerapkan sistem pedal pada desain lift tersebut.

Desain Interior Kantor Tingkatkan Area Bersih

Waktu untuk pembersihan pada kantor Anda harus berubah agar sesuai dengan protokol Kesehatan new normal. Pastinya kantor Anda membutuhkan rotasi yang terorganisir dengan baik dengan menggunakan grafik centang yang terlihat untuk membuktikan bahwa area tersebut telah dibersihkan. Dengan begitu, ini dapat meningkatkan kepercayaan bagi karyawan Anda. Anda juga dapat membuat area khusus untuk hand sanitizer pada pintu masuk ruang kantor Anda.

Kurangi Jumlah Furnitur pada Desain Interior Kantor

Dengan mengurangi meja kantor dan menciptakan ruang, jarak sosial menjadi lebih dapat diterapkan pada ruang kantor Anda. Untuk menerapkannya, jasa desain interior akan mendesain ulang penataan letak setiap meja dan secara fisik mengubah jejak ruang kerja di kantor Anda. Dengan begitu, karyawan Anda akan tahu bahwa mereka bisa tetap aman untuk bekerja dari kantor. Selain mengurangi jumlah meja kerja yang digunakan, jasa desain interior akan membuat kelompok meja yang berdekatan tidak lagi diterapkan. Jasa desain interior akan mengatur ulang furnitur sehingga orang-orang tidak akan berjadan dekat dengan meja atau Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menggunakan meja yang lebih kecil pada kantor Anda.

interior design office

Seperti yang telah Anda ketahui, Ketika pandemi COVID-19 menghentikan aktivitas bekerja dari kantor, beberapa orang mulai bingung untuk menyesuaikan lingkungan kantornya dengan perubahan pada masa transisi new normal. Anda bisa memulainya dari meningkatkan sistem penyaringan udara pada ruang kantor Anda, hingga mengganti material kulit dan wol dengan bahan sintetis yang dapat digunakan dalam kesehatan. Di seluruh negara, desain interior dan arsitek mulai melakukan diskusi adaptasi desain kantor. Seperti menggunakan partisi antara meja kerja yang saling berhadapan dan berdekatan. Selain itu, masker, pelindung saat bersin, area pembersih tangan merupakan bagian dari hal yang paling penting. Anda juga bisa meningkatkan ventilasi dan penyaraingan udara, dengan begitu ruang kantor anda bisa tetap terjaga kelembabannya relatif, serta mensterilkan udara dengan pencahayaan alami. Ventilasi alami dapat menjadi pilihan lain untuk Sebagian orang, termasuk Anda. Anda juga bisa memasang furnitur-furnitur yang ringan dan dapat dipindahkan dengan mudah.

Anda perlu ingat, sebaiknya Anda mengurangi titik sentuh di lingkungan kantor Anda. Dengan banyaknya titik sentuh dan jalur dua arah yang tinggi, pintu masuk kantor dan kamar mandi dapat memberikan tantangan tersendiri untuk Anda. Bagi Anda yang ingin menguranginya dan mengubah desain kantor Anda, Anda dapat menerapkan sistem ruang masuk tanpa sentuhan dan dibuat secara otomatis seperti menggunakan pengenalan wajah atau pengunjung yang tidak dikenal akan diminta untuk berbicara dengan resepsionis melalui intercom. Pintu kamar mandi pun dapat Anda buat tanpa sentuhan. Dengan batas waktu pengembangan vaksin yang masih belum pasti, Anda sebaiknya membuat lingkungan kantor yang aman pada era new normal seperti ini.

Bagaimana dengan desain kantor Anda? Apakah sudah menerapkan desain yang ramah untuk aturan jarak sosial? Jaga jarak sosial juga tetap penting untuk dilakukan di lingkungan kantor agar karyawan Anda merasa aman dan nyaman bekerja dari kantor, performa kerja pun tetap terjaga. Jika Anda ingin mengubah desain kantor Anda agar bisa beradaptasi pada masa new normal ini, Anda dapat bekerja sama bersama kami dengan menghubungi customer service pada halaman website ini. Kenyamanan karyawan Anda sangat berarti untuk Anda. Saatnya wujudkan kantor yang aman dan sehat untuk Anda dan karyawan Anda.

Interior Desainer: Hubungi kami melalui  Highstreet untuk wujudkan bangunan impian Anda dan ikuti  blog kami untuk update mengenai inspirasi desain bangunan.

Bagikan Artikel Ini

Kembali

Tutup

Search

Whatsapp Menu