EN | ID
Tutup

Artikel

Pandemik Corona Mengubah Desain Interior Restoran

diposting 2 April 2020

Pandemik Corona Mengubah Desain Interior Restoran

Saat ini, selain makanan lezat, suasana nyaman, dan harga menu yang terjangkau, ada kriteria lain yang sangat menjamin kesuksesan sebuah restoran. Kriteria lainnya adalah desain dan suasana restoran menjadi faktor penting yang menentukan seberapa besar keuntungan yang didapat oleh restoran. Apalagi di tengah penyebaran virus korona, penting sekali restoran untuk menjaga kebersihan dan keamanan pengunjung ketika berkunjung ke restoran tersebut.  Tapi, tahukah Anda dengan desain dan suasana restoran yang tepat, kebersihan akan mudah terjaga? Pilihan desain restoran Anda tergantung dari konsep restoran yang ingin Anda tampilkan. Dalam memperhatikan kebersihan restoran, Anda bisa merancang area khusus bagi pesanan yang ingin dibungkus oleh pelanggan. Selain area tersebut, ruang makan di tempat terbuka dan toilet harus bisa diakses dengan mudah dan selalu dijaga kebersihan tempatnya. Untuk tempat terbuka lainnya, meja makan tidak boleh berdekatan karena untuk menjaga jarak di tengah pandemik virus korona dan memudahkan staf juga pelanggan restoran untuk bisa bergerak bebas. Selain itu, desain restoran seperti apa yang bisa Anda jadikan inspirasi dan tetap terjaga kebersihannya?

Desain Interior Ruang Penyimpanan dalam Restoran yang Sering Terlupakan

Desain pada restoran Anda dapat mempengaruhi semua area restoran. Selain untuk menarik perhatian pelanggan Anda, desain restoran yang indah dapat memperlancar alur kerja dengan dengan memberikan fasilitas yang tepat untuk juru masak, pramusaji, dan pelanggan Anda. Namun, perlu Anda ingat, jangan sampai desain yang memiliki estetika menghambat kinerja restoran Anda. Anda bisa saja menginginkan tempat makan di restoran Anda yang bersih dan tidak menjadi area yang berantakan. Di Dalam restoran Anda, ruang penyimpanan harus ada untuk meletakkan beberapa furniture maupun kebutuhan dapur restoran seperti bumbu-bumbu, gelas, alat makan, bahan, kursi, dan tempat duduk tambahan. Untuk membuatnya terjaga dan menjadi tempat rapih, Konsep desain seperti dinding melengkung yang indah bisa menjadi pilihan Anda atau dengan meletakkan akuarium pusat yang dapat menjadi daya tarik tersendiri serta mampu menarik perhatian pelanggan di restoran Anda. Selain memiliki kelebihan, konsep desain tersebut dapat menghalangi pelangan juga staf restoran Anda dan membuat alur kerja menjadi tidak efisien. Jangan sampai lupa, ruang penyimpanan sangat penting untuk desain interior restoran Anda. Jalur dari loading dock menuju ruang penyimpanan harus lancar dan bersih. Pastikan Anda tidak memilih desain asal untuk ruang penyimpanan restoran Anda.

Tentukan Layout Desain Interior Restoran

Setiap restoran pasti mempunya tata letak ruang yang unik, punya ciri khas tersendiri, dan bisa menjadi tempat kenangan bagi pelanggan restoran Anda. Jika masih bingung dalam menentukan tata letak ruangan yang baik dan menjamin kebersihan juga keamanan untuk pelanggan Anda, berikut tips yang bisa Anda terapkan untuk restoran agar restoran Anda dapat memenuhi keinginan Anda.

1. Sirkulasi, Zonasi, dan Jarak Antar-Tempat Duduk untuk Desain Interior Restoran

Sirkulasi dalam desain restoran adalah ruang datang, pergi, dan bergeraknya pelanggan serta staf restoran Anda. Agar sirkulasi pada restoran Anda tidak berantakan dan terjadi saling-tabrak, menghalangi maupun saling menganggu. Anda juga bisa membuat tata letak meja yang tidak menghalangi pintu masuk. Selain itu, restoran Anda harus mempunyai tata letak ruangan yang dapat memisahkan arus pelanggan datang dan pelanggan pulang. Untuk mempermudahnya, Anda bisa menggunakan pita pembatas alur jika ruangan terlalu sempit. Pembatasan jarak penting untuk dilakukan dalam waktu ini. Dalam menjaga kebersihan. Jalur pembersihan sisa makanan harus dibuat ruang yang tidak melewati pelanggan yang sedang bersantap. Sirkulasi lain di dalam restoran yang harus diperhatikan adalah luas ruang antar—meja. Restoran Anda membutuhkan luas ruangan yang cukup untuk staf restoran Anda agar proses pengantaran makanan ke meja berjalan lancar dan tidak harus sampai memiringkan badan saat melewati Lorong. Perlu diketahui juga, untuk meja makan jangan diletakkan terlalu dekat dengan pintu kamar mandi, atau bahkan tidak menampakkan pintu kamar mandi yang langsung menghadap ke area ruang makan. Sirkulasi restoran penting diperhatikan dari pintu masuk. Pastikan adanya jarak dan Anda harus membuat ruang yang cukup untuk pelanggan maupun staf restoran Anda.

2. Memilih Perabotan yang Sesuai dengan Desain Interior Restoran

Banyak pelanggan muda lebih memilih kursi yang ringan dan mudah digeser jika mereka datang berkelompok dibanding dengan gaya kursi lainnya. Bagaimana dengan pelanggan di restoran Anda? Dalam memilih perabotan untuk melengkapi desain interior restoran Anda, hal tersebut sangat bergantung pada tipe pelanggan yang menjadi target restoran Anda. Untuk restoran dan kafe dengan layanan cepat saji sangat sesuai memilih furnitur yang dinamis dan modular, karena pergerakan pelanggan restoran tersebut sangatlah tinggi. Perabotan di dalam restoran yang mudah untuk dipindahkan, apalagi memberikan fleksibilitas bagi pelanggan yang tiba-tiba ingin menggabungkan beberapa meja untuk menyatukan kelompoknya sangatlah berguna. Restoran modern banyak memilih kursi yang bergaya bar stool untuk meja menghadap kea rah jendela atau bar, sofa ringan yang dibuat untuk 2 orang pada ruang tertentu, atau kursi kayu yang dapat memuat 2 orang pada ruangan utama. Jika Anda memilih meja, Anda harus memperhatikan kondisi dan keadaan restoran Anda. Setiap meja harus memiliki jarak yang cukup untuk menerapkan social distancing antar pelanggan restoran Anda. Untuk pemilihan meja, apakah Anda merasa bingung antara memilih meja bundar atau meja persegi? Penerapan meja bundar dapat mendukung pelanggan Anda bersantap sambal mengobrol, sementara untuk meja dengan gaya persegi sesuai dengan restoran yang memiliki ruangan kecil. Jika Anda memiliki restoran keluarga dan fine dining, Anda harus memilih perabotan yang berkualitas tinggi karena untuk meningkatkan kredibilitas dan kenyamanan di restoran Anda.

Desain Interior Dapur Restoran

Dapur termasuk area penting dalam sebuah restoran dan membutuhkan ruang yang lebih untuk leluasa bergerak. Semua area dalam dapur restoran Anda harus dirancang dengan sangat baik hingga kegunaan setiap sudut ruang dapat dimaksimalkan. Dari kondisi dapur restoran Anda, tingkat kepuasan pelanggan bisa meningkat. Anda bisa membuat konsep desain interior yang tepat untuk kebutuhan dapur restoran Anda. Untuk menjaga agar semua furnitur tidak berantakan, Anda harus menyimpan alat yang memiliki fungsi sama di satu tempat, juga buatlah desain area dapur dengan strategis sehingga mempunyai beberapa kegunaan. Anda bisa memisahkan area yang berfungsi untuk mengiris, menggoreng, menumis, menghangatkan, menyimpan makanan beku, maupun tempat unutk menyajikan makanan di piring. Dengan begitu, setiap area mempunyai fungsinya masing-masing dan tetap terjaga kebersihannya.. Jangan sampai Anda tidak memperhatikan desain interior pada dapur restoran Anda. Jika Anda menghadapi situasi yang berubah sewaktu-waktu, Anda bisa mengubah desain interior secara berkala agar memastikan dapur restoran Anda terjamin untuk kesehatan dan keselamatan pelanggannya.

Ingat, selain lezatnya makanan di restoran Anda, kesuksesan restoran yang bergantung pada lancarnya fungsionalitas dari sebuah desain interio restoran. Jangan sampai Anda hanya memperhatikan desain estetika tanpa adanya fungsionalitas. Melalui bekerja sama dengan kami, tiidak hanya keindahan, kami juga memperhatikan kebutuhan fungsional dari setiap sudut restoran agar pelanggan dapat betah berada di restoran Anda dan merasa aman. Jika ingin bekerja sama dengan kami, hubungi customer service atau kunjungi website resmi kami.

Bagikan Artikel Ini

Kembali

Tutup

Search

Whatsapp Menu