EN | ID
Tutup

Artikel

Tidak Hanya Jasa Interior Design, Perhatikan 8 Hal Ini untuk Mendesain Rumah

diposting 7 April 2020

Tidak Hanya Jasa Interior Design, Perhatikan 8 Hal Ini untuk Mendesain Rumah

Siapa yang tidak setuju jika rumah merupakan salah satu aset yang paling penting dan berharga? Oleh sebab itu, Anda harus memperhitungkan serta memikirkan banyak hal saat Anda memutuskan untuk merancang desain rumah Anda, baik itu dari segi arsitektur bangunan hingga masalah desain interior secara keseluruhan ruangan dalam rumah Anda. Jangan sampai rumah idaman Anda hanya tidak sesuai dengan ekspektasi Anda dan hasilnya tampak tidak sempurna. Di antara banyak hal tersebut, ada 10 hal penting dan utama yang harus Anda pikirkan secara matang saat membuat desain rumah impian Anda. Apa salah satunya sudah Anda pikirkan? Atau sama sekali? Anda bisa coba mulai memperhatikannya dengan mengetahui terlebih dahulu hal-hal tersebut di bawah ini!

Desain Rumah Satu Lantai atau Rumah Bertingkat

Jika Anda mempunyai kesempatan untuk benar-benar merancang sebuah desain rumah dari awal, artinya Anda bukan membeli rumah yang telah dibangun, namun mendesain rumah dari awal. Apa yang Anda inginkan, rumah dengan satu lantai atau rumah bertingkat? Anda memiliki kebebasan memilih jumlah lantai yang diinginkan pada rumah Anda. Ada orang yang hanya nyaman dengan desain rumah satu lantai, sementar orang lainnya lebih menikmati memaksimalkan fungsionalitas luas lahan yang dimiliki dengan memilih desain rumah bertingkat. Saat ini, coba Anda pikirkan jumlah lantai yang sesuai dengan rumah impianmu selama ini secara matang. Pilihan Anda tidak hanya menyukai rumah satu lantai atau rumah bertingkat, tapi sesuaikan juga dengan kebutuhan, anggaran biaya, dan ketersediaan lahan yang Anda miliki. Jangan sampai untuk mewujudkan rumah idaman, anggaran biaya yang telah Anda siapkan malah tidak sesuai dan membengkak.

Tema Mengenai Desain Interior Rumah Anda

Anda yang ingin memikirkan desain rumah yang sesuai, hal utama lainnya yang harus Anda lakukan adalah menentukan tema untuk rumah Anda, baik untuk interior atau eksterior rumah. Desain rumah yang akan dibuat sangat mengikuti dari preferensi segi tema maupun style rumah yang Anda inginan. Bagaiman dengan tema rumah kesukaan Anda? Apakah Anda lebih menyukai desain rumah tradisional, klasik, industrial, atau sederhana minimalis?

Apapun pilihan gaya rumah Anda, pastikan desain interior atau eksterior rumah tersebut nantinya saling sesuai. Pilihan yang tepat akan menambah nilai dari aset rumahs secara keseluruhan. Tidak hanya itu, Anda harus memilih furnitur dan dekorasi interior yang sama selaras dengan tema rumah pilihan Anda.

Desain Interior Kamar Tidur

Kamar tidur menjadi ruang yang harus membuat Anda merasa nyaman karena ruangan tersebut merupakan tempat istirahat untuk Anda di dalam rumah impian. Desain interior untuk kamar tidur harus benar-benar dipertimbangkan dengan tepat. Desain interior yang dipilih tidak hnaya untuk menciptakan keindahan saja, desain interior yang baik bisa menambah nilai aset dari suatu rumah. Apakah Anda menginginkan desain interior kamar tidur yang lengkap dan mempunyai akses langsung ke kamar mandi? Anda bisa saja mendesain gaya kamar tidur sesuai dengan keinginan Anda atau konsultasikan dengan jasa desain interior pilihan Anda.

Selain desain interior yang cocok untuk kamar tidur, Anda harus menentukan jumlah kamar tidur yang dibutuhkan. Ini bukan hal yang rumit, namun sederhana dan yang perlu Anda lakukan tinggal menyesuaikan dengan jumlah anggota keluarga yang akan tinggal di rumah Anda. Jangan salah hitung, karena jumlah kamar tidur yang tiba-tiba beruba akan mempengaruhi desain interior yang dipilih dalam jangka panjang. Bagi Anda yang baru saja menikah ataupun memiliki keluarga kecil, Anda harus menentukan jumlah kamar tidur paling ideal yang dibutuhkan.

Ruang Pendukung Tidak Kalah Penting untuk Desain Interior

Umumnya, ruangan yang harus ada pada desain setiap rumah di mana pun itu adalah kamar tidur, dapur, ruang tengah, dan kamar mandi. Namun, berbeda halnya jika Anda memiliki rumah dengan lahan yang luas atau lebih. Akan lebih baik jika Anda bisa memanfaatkan sisa lahan tersebut untuk mendesain ruang pendukun yang juga berada di dalam rumah Anda. Ruang pendukung yang memiliki fungsionalitas seperti ruang laundry, ruang kerja, ruang bermain anak, ataupun ruang pendukung lain yang Anda butuhkan untuk aktivitas sehari-hari. Keberadaan ruang pendukung ini juga perlu diperhatikan apakah desain rumah bisa menampung ruang utama sebelum ruang pendukung atau tidak. Jadi, Anda harus tetap memprioritaskan ruang utama dalam  rumah Anda.

Desain Interior Dapur

Salah satu ruangan lain yang bisa membuat hidup suasana suatu rumah adalah ruang dapur. Ruangan tersebut juga sangat berperan penting karena sering menjadi fokus utama dalam mendesain sebuah rumah. Dalam menciptakan desain interior dapur, Anda disarankan melakukan renovasi sesuai dengan preferensi yang dimiliki. Jangan lupa untuk gunakan tempat penyimpanan peralatan masak atau kabinet dapur yang memadai.

Fungsionalitas Setiap Ruangan dalam Rumah

Apapun desain interior rumah yang sudah Anda pilih, pastikan rumah idaman Anda tetap mempunyai dan bisa memenuhi unsur fungsionalitas suatu ruangan. Ingat, rumah Anda digunakan untuk jangka panjang, jadi pastikan penempatan ruang harus seefektif dan seefisien mungkin, terutama dari segi fungsi ruangan itu sendiri. Misalkan, tata letak kamar tidur anak yang dibuat tidak boleh terlalu jauh dari kamar tidur  orang tua atau ruang tamu dan ruang makan idealnya diletakkan secara berdekatan.

Pertimbangkan Lokasi Rumah untuk Mewujudkan Desain Interior Anda

Saat membuat desain rumah, Anda juga harus memperhatikan lokasi rumah. Baik itu rumah yang berada di lokasi rentan banjir, pastinya desain rumah disesuaikan dengan keadaannya, seperti halnya desain bagian bagian tanah luar yang dengan sengaja dibuat tinggi. Berbeda juga dengn lokasi rumah yang berada di jalan raya harus memiliki desain rumah dengan pagar sebagai pengamanan.

Evaluasi Denah Rumah yang Dibuat

Pembuatan desain rumah bisa sangat sulit dilakukan tanpa adanya denah rumah yang aktual. Sebelum Anda memutuskan untuk membuat desain rumah, tentu saja Anda perlu mengetahui ukuran ruangan yang dapat dijadikan sebagai gambaran besar dan penampilan desain rumah akhir. Sebaiknya, Anda bisa melakukan evaluasi terhadap denah rumah secara detail agar nantinya Anda tidak menyesal setelah rumah Anda selesai dibangun.

Selain beberapa hal tersebut, masih banyak lagi hal lain yang harus Anda pertimbangkan, seperti memilih menggunakan jasa interior design atau tidak. Jika Anda bisa menyelesaikan pembangunan rumah sampai tahap akhir, tentu bukan suatu permasalahan. Namun jika Anda kebingungan, artinya Anda harus menggunakan jasa interior design untuk membantu. Kami sebagai jasa interior desain siap membantu Anda menyelesaikan permasalah terkait dengan desain interior rumah impian Anda. Melalui bekerjasama dengan kami, Anda akan mendapatkan hasil yang berkualitas dan desain interior rumah impian Anda bukan sekadar impian lagi, namun bisa langsung diwujudkan. Dengan jasa interior design, membuat Anda lebih cepat menyelesaikan proyek rumah Anda dan tidak akan membuang-buang waktu lagi. Untuk membaca artikel lain mengenai desain interior hunian, Anda bisa membacanya disini.

Bagikan Artikel Ini

Kembali

Tutup

Search

Whatsapp Menu