EN | ID
Tutup

Artikel

4 Tren Desain Interior Kantor Post-COVID Yang Harus Anda Coba

diposting 28 Juli 2020

4 Tren Desain Interior Kantor Post-COVID Yang Harus Anda Coba

Interior Desainer: Hubungi kami melalui  Highstreet untuk wujudkan bangunan impian Anda dan ikuti  blog kami untuk update mengenai inspirasi desain bangunan.

Sejak COVID-19 menjadi bagian dari topik sehari-hari, jasa desain interior dari beberapa negara telah bekerja untuk mengetahui bagaimana virus terebut bisa mempengaruhi industry desain interior. Banyak yang masih berjuang melalui dampak ekonomi dari pandemic ini, begitu juga dengan jasa desain interior yang terus mengupayakan optimism dan perubahan dari industry desain interior bergerak maju dengan membantu Anda menerima perubahan yang positif dari sisi desain interior.

Untuk memahami perubahan beberapa tindakan dari dampak COVID-19 ini, desain interior bersama-sama mendapatkan pemahaman yang lebih tepat mengenai seperti apa dunia nantinya saat semua orang, termasuk Anda kembali beralih ke kantor. Bagaimana perubahan desain interior kantor dalam menghadapi pandemic COVID-19? Berikut beberapa perubahan yang bisa Anda terapkan pada desain interior kantor.

Konsep Kantor Baru pada New Normal

Dengan pekerjaan dari jarak jauh menjadi pilihan baru, banyak profesional dari industri desain interior harus membuat adaptasi desain interior kantor yang mudah untuk diterapkan agar salah satu elemen penting dari dalam proses desain tidak hilang, yaitu kolaborasi. Pertmeuan secara virtual melalu video, dan berbagai layanan virtual lainnya yang membawa Anda sejauh ini sudah merasa nyaman bertemu secara daring. Namun pada akhirnya, ketika kondisi kembali aman, Anda perlu berkumpul untuk berkolaborasi. Pada saat yang sama juga, banyak orang akan lebih nyamana dengan manfaat dari pekerjaan jarak jauh, seperti menyediakan waktu tanpa gangguan untuk tugas pekerjaan yang sulit, menghemat waktu dari perjalanan, dan keseimbangan untuk kehidupan kerja yang lebih baik.

Oleh karena itu, tidak akan mengherankan jika kantor pasca pandemic akan mengombinasikan antara pekerjaan jarak jauh dan pribadi. Untuk menjaga sinergi kolaborasi antara kedua kelompok, akan membuat kantor harus membuat jaringan penghubung bagi karyawan yang berinteraksi satu sama lainnya, baik itu pekerjaan jarak jauh ataupun dari kantor.

Meningkatnya Ruang Kerja Individu

Awal tahun 2020, banyak orang beranggapan jika tidak akan ada lagi bilik individu karena kebutuhan untuk kolaborasi antar karyawan akan membawa desain interior kantor pada konsep desain terbuka dan konsep hotel. Dalam dunia desain interior pasca COVID-19, Anda akan melihat model tempat duduk yang didesain untuk personal kembali karena diakibatkan oleh beberap hal, tentu saja dengan beberapa modifikasi desain yang memungkinkan karyawan Anda tetap berkolaborasi dengan mudah.

Dengan adanya konsep ruang kantor terbuka, hal tersebut akan menciptakan sedikit perbedaan antara ruang kerja pribadi dan area kolaborasi. Pastinya, konsep rencana ini akan berubah setelah pandemic. Ruang sosial akan terus digunakan sebagai tujuan untuk tempat istirahat dan relaksasi karyawan Anda. Namun, batas-batas antara ruang kerja pribadi dan ruang bersama akan kembali menjadi lebih berbeda. Desain workstation akan lebih fokus dan didesain lebih personal dengan fokus yang lebih besar pada kenyamanan karyawan Anda. Selain itu, desain partisi akan dibuat lebih tinggi. Tetapi tetap saja ruangan kantor akan didesain lebih fleksibel untuk meningkatkan produktivitas karyawan Anda yang sama pentingnya dengan kebersihan lingkungan kantor di mana karyawan Anda bekerja.

Interior Desain Kolaborasi

Ruang kolaborasi akan lebih diperhatikan dari sebelumnya, tetapi Anda jangan memutuskan terlalu cepat. Biasanya dalam mengadaptasi desain interior kantor Anda, Anda akan meningkatkan ruang kerja individu dan mengisolasi karyawan Anda di kantor, tetapi yang mendorong karyawan Anda merasa aman dan nyaman kembali ke kantor adalah agar para karyawan dapat saling melakukan interraksi, berkolaborasi, melihat, dan berbicara dengan orang lain. Hal yang paling benar adalah, jika orang bekerja di knator lebih sedikit dan bekerja dari rumah jumlahnya lebih banyak, maka waktu yang karyawan Anda habiskan di kantor menjadi lebih penting. Untuk sementara, meja kubikel tidak akan pernah benar-benar hilang. Selain itu, waktu dikantor sebaiknya dihabiskan unntuk kolaborasi sesame karyawan dan desain interior kantor harus mengadaptasi perubahan new normal ini.

Furnitur Kantor didesain Simpel

Orang-orang tidak hanya beranggapan jika tren ruang kantor kubikel akan hilang, tetapi juga beranggapan tren tahun 2020 adalah fasilitas mewah di kantor. Banyak kantor yang mempunyai program kesehatan di tempat kerja yang menawarkan kelas youa, dan dapur kantor mewah yang menyajikan minuman yang dibuat sesuai pesanan karyawan. Namun, dalam banyak hal, ruang komunal tersebut mungkin akan digantikan ketika Anda harus memikirkan kembali protokol kesehatan yang harus diterapkan pada kantor Anda. Tidak hanya itu saja, bahan habis pakai yang dikemas akan semakin populer dalam menanggapi masalah kesehatan pada pandemi ini. Untuk kantor yang secara tradisional menawarkan makanan prasmanan di kantor, sekarang dapat dengan mudah memberikan makanan kotak di tempat untuk para karyawan.

Mengetahui perubahan baru untuk desain interior kantor sudah mulai menjadi tren. Namun, secara khusus seperti apa tren baru desain interior kantor pada masa new normal ini? Berikut beberapa tren untuk desain interior kantor pasca pandemi.

Dibuatnya Ruang Kerja Khusus

Meski sejumlah karyawan harus melakukan segala pekerjaan kantor dari rumah, produktivitas para karyawan Anda dinilai akan meningkat jika didukung dengan aspek ruangan yang nyaman. Bagi Anda yang masih bekerja dari rumah, jangan lupa untuk mengatur pencahayaan natural yang cukup, agar ruangan kantor di rumah Anda semakin nyaman saat Anda bekerja.

Kembalinya Area Mudroom

Menjaga kebersihan menjadi hal penting dan utama yang diperhatikan. Anda tetap bisa menjaga kebersihan ruang kerja Anda, baik itu di rumah maupun di kantor dengan mendesain area tambahan untuk tempat melepas sepat, mencuci tangan, ataupun menggantungkan jaket. Dengan adanya area ini, kebersihan ruangan semakin terjaga.

Konsep Natural pada Desain Interior Kantor

Jadikan suasana ruang kerja Anda menjadi lebih rileks dengan memberikan konsep natural pada desain interior kantor Anda. Anda bisa menerapkannya dengan menambahkan tanaman hijau yang diletakkan di indoor maupun outdoor ruangan. Selain membuat ruang kerja Anda menjadi lebih sehat, adanya nuansa alam di dalam ruangan bisa mengurangi tingkat stress Anda dan membuat Anda tetap merasa nyaman ketika bekerja.

Gunakan Bahan Antimikroba

Jika Anda ingin mengadaptasi desain interior kantor Anda, sebaiknya Anda menggunakan bahan-bahan alam yang mudah untuk dibersihkan seperti kuningan, tembaga, maupun perunggu. Bahan-bahan antimikroba tersebut dapat Anda pakai untuk tangga, gagang pintu, bahkan kursi kerja Anda.

desain interior kantor

Bagaimana dengan desain interior kantor Anda? Apa Anda sudah siap mengadapatsi tren desain interior ini pada ruang kantor Anda? Atau Anda sudah menerapkan ide desain ini pada rumah maupun kantor Anda? Bagi Anda yang ingin memiliki ruang kerja yang nyaman dan sehat, Anda bisa menghubungi tim customer servie kami dan wujudkan ruang kerja idaman Anda!

Interior Desainer: Hubungi kami melalui  Highstreet untuk wujudkan bangunan impian Anda dan ikuti  blog kami untuk update mengenai inspirasi desain bangunan.

Artikel ini disadur dari: https://www.interiordesign.net/articles/18254-4-design-trends-of-a-post-covid-workplace/

Bagikan Artikel Ini

Kembali

Tutup

Search

Whatsapp Menu