EN | ID
Tutup

Artikel

Berapa Biaya Jasa Desain Interior? Inilah Variasi Harganya

diposting 20 Februari 2020

Berapa Biaya Jasa Desain Interior? Inilah Variasi Harganya

Dalam menciptakan ruang kantor, ruang publik, atau hunian pribadi yang sesuai dengan ekpektasi harapan pemiliknya, kehadiran desain interior sangat dibutuhkan, sehingga pemilik rumah akan memutuskan menggunakan jasa desain interior. Memangnya apa manfaat bekerjasama dengan jasa desain interior? Dengan adanya jasa desain interior, mereka akan membantu Anda mendesain tampak dalam keseluruhan ruangan rumah seperti ruang keluarga, ruang tamu, kamar, kamar mandi, atau ruang keluarga. Tidak hanya itu, jasa desain interior akan memilih warna cat dinding yang sesuai, menentukan pencahayaan yang tepat, pemilihan lantai dan plafon, hingga penataan furnitur. Tapi, pasti ada beberapa kendala yang Anda pikirikan ketika ingin memutuskan menggunakan jasa desain interior. Salah satunya Anda akan bertanya-tanya berapa biaya untuk desain interior rumah? Bagaimana dengan harga desain interior apartemen? Berapa harga menggunakan jasa desain interior?

Jasa Setiap Desain Interior Berbeda-beda

Ketika Anda menggunakan jasa desain interior, biayanya tidak bisa dibilang mahal. Hal ini disebabkan karena para jasa desain interior bertugas membuat konsep yang tepat, dari awal sampai gambarnya sesuai dengan keinginan Anda. Tentunya, rumah yang menggunakan jasa desain interior terlihat lebih bagus dengan memiliki nilai yang tinggi juga. Dan membangun rumah sesuai dengan harapan Anda tidak menjadi hal yang mudah dan murah. Apalagi semakin rumit desain idaman Anda, biaya yang dikeluarkan oleh pemilik rumah pun menjadi cukup besar biayanya. Sederhananya, ketika Anda ingin membuat desain logo saja harus mengeluarkan biaya, sama halnya dengan jasa desain interior. Dan ternyata, tiap jasa desain interior memiliki biaya yang berbeda-beda dan dari sisi sumber daya desainer juga konsumen, Jakarta menjadi kota paling tinggi di Indonesia yang menggunakan jasa desain interior.

Bukan hal yang asing, saat jasa desain interior berani memberikan harga tinggi. Mereka tidak asal mematok harga, pastinya mereka terbukti sudah memiliki pengalaman yang cukup lama dan sudah ahli di bidangnya. Jasa desainer interior profesional bisa menciptakan seni pada tiap sudut antara warna, bahan dan perabotan yang membuat interior hunian Anda menjadi lebih istimewa. Selain itu, semakin besar ruang hunian Anda maupun semakin banyak estetika yang Anda harapkan, maka pengalaman tinggi dari jasa desain interior semakin dibutuhkan. Berbeda halnya dengan rumah minimalis atau apartemen yang cukup mudah dalam mengatur penataan furnitur dan warna-warna yang ingin dipadukan di dalam ruangan.

Setelah Anda mengetahui biaya jasa desain interior berbeda-beda, ada yang tergolong sesuai anggaran Anda maupun tidak. Pertanyaan Anda mengenai biaya menggunakan jasa desain interior ditentukan oleh beragam faktor. Misalnya kerumitan desain, luas ruang, material ruang dan furnitur yang dipilih, sertifikasi yang dimiliki oleh jasa desain interior, tipe ruang yang ingin didesain apakah tipe basic, minimalis, klasik atau industrial, juaga beberapa faktor lainnya. Untuk mengetahui lebih jauh lagi berapa biaya yang akan Anda keluarkan jika ingin menggunakan jasa desain interior, Anda harus memahami dahulu mengenai hal-hal yang bisa mempengarui tinggi dan rendahnya biasa jasa desain interior. Berikut beberapa hal untuk penentuan harga jasa desain interior.

Bahan Baku Material Ruang dan Furnitur

Menentukan biaya desain interior hunian rumah dan apartemen tidak jauh dari komposisi yang akan digunakan pada suatu ruang dan penataan furnitur-furnitur yang diinginkan diletakkan di dalamnya. Ketika Anda sudah mengetahui bahan baku apa saja yang dibutuhkan dalam desain interior rumah, maka Anda akan menjadi mudah memilah-milah model yang paling tepat untuk desain interior hunian Anda. Ingin mengetahui bahan baku atau material apa saja yang sering digunakan dalam desain interior rumah? Simak penjelasan berikut.

Plywood

Saat memikirkan mengenai berapa harga desain interior rumah, bahan baku Plywood menjadi rekomendasi yang tepat. Dilihat dari sisi harga masih dapat dijangkau dan segi kualitas pun, Plywood dikenal sudah terjamin mempunyai kualitas yang unggul. Material Plywood adalah gabungan dari lembaran kayu-kayu tipis yang saling direkatkan menggunakan lem khusus dan pembuatannya dilakukan dengan teknik press bertekanan tinggi. Penggunaan bahan satu ini sangat menjamin dalam efektivitas pengerjaannya, apalagi dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan bahan lainnya. Dalam pengaplikasian tertentu, Plywood tepat digunakan pada penampang dengan ukuran yang luas karena adanya kayu padat yang akan berisiko mengalami perubahan bentuk kalau kadar air yang dimilikinya tidak bisa dihilangkan dengan sempurna.

Veneer

Berbeda dengan Plywood, bahan baku Veneer berasal dari bongkahan kayu lebih besar yang diiris. Mengenai harga untuk mendapatkan unsur kayu Veneer, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Untuk kualitas, sama halnya dengan material-material lainnya, Veneer juga mempunyai bahan berkualitas yang terbuat dari jenis berikut.

1. Kayu Sungkai

Tekstur yang dimiliki oleh kayu sungkai adalah tekstur yang kasar dan menjadi ciri khas tersendiri dari sungkai. Selain itu, sungkai juga memiliki serat kayu yang lurus dan terkadang bergelombang.

2. Kayu Mindi

Tidak sama dengan kayu sungkai, kayu mindi bertekstur lembut dan serat dari kayu mindi sendiri menyerupai garis lurus. Ciri yang dimilikinya, membuat kayu mindi menjadi alternatif untuk melapisi furnitur-furnitur yang Anda miliki.

3. Kayu Oak

Untuk kayu oak yang berwarna lebih cerah dan bersih serta memiliki serat kayu yang lebih halus menjadikan bahan satu ini menjadi pilihan veneer. Penggunaan HPL (High Pressure Laminate) pada umumnya untuk finishing pada furnitur-furnitur yang dipakai dalam desain interior. Teknik laminasi dengan bahan sintesis yang dikenal memiliki tekanan tinggi ini bekerja baik sebagai penutup untuk permukaan furnitur built-in seperti kitchen set. Material ini memiliki karakteristik yang ramah lingkungan dan sangat mudah membersihkannya.

4. Kayu Jati

Semua tipe kayu memiliki perbedaan, begitu juga dengan kayu jati yang memiliki ciri khas bertekstur rumit tapi indah, sehingga membuat kayu Jati menjadi pilihan utama untuk pelapis furnitur. Anda pasti sudah kenal dengan model kayu satu ini, kan?

Tidak hanya kayu yang digunakan sebagai bahan baku saja, bahan baku lain yang digunakan adalah besi. Ketika Anda menggunakan bahan baku besi, tampilan ruangan hunian Anda akan tampak kesan maskulin dan elegan. Bahan baku besi juga mempunyai jenisnya, berikut beberapa di antaranya.

1. Stainless Steel

Ada juga hunian yang menggunakan bahan besi Stainless steel pada tampilan furnitur-furnitur ruang. Jenis metal ini dikenal karena mampu untuk bertahan dari karet. Apa Anda menyukai jenis bahan baku stainless steel? Tapi jangan sampai bahan jenis stainless steel sangat mendominasi tampilan ruang rumah. Anda pasti nantinya akan merasa bosan.

2. Hollow Metal

Material dari hollow metal menggunakan besi dengan rongga-rongga yang kosong pada bagian dalamnya. Dengan memanfaatkan rongga tersebut, membuat bobot furnitur menjadi lebih ringan dibanding jika menggunakan bahan yang lain.

3. Solid Metal

Pemilihan dalam menggunakan solid metal sangat tepat karena bahan baku ini merupakan besi padat yang memerlukan aspek yang kokoh dan kuat. Anda bisa menjadikan solid metal menjadi pilihan utama karena fungsi utama yang dimilikinya.

Tipe Desain Ruangan Menentukan Biaya Penggunaan Jasa Desain Interior

Selain bahan baku seperti kayu maupun besi, tipe desain ruangan yang dimiliki Anda juga dapat memengaruhi penentuan harga yang akan Anda keluarkan untuk mewujudkan desain interior sesuai harapan Anda. Jika Anda belum mengetahui seperti apa tipe yang seringkali digunakan di Indonesia, simak saja beragam referensi mengenai tipe desain interior di bawah.

1. Desain Interior dengan Tipe Klasik

Ciri khas dari tipe klasik untuk penerapannya dalam desain interior terletak pada rupa bangunannya yang menggunakan banyak ornamen, pilar serta aksesoris yang dulu dikenal pada masa-masa klasi Romawi dan Yunani. Walau dibangun seperti zaman klasik, kesan megah tidak akan hilang dari tipe rumah ini. Biasanya fungsi bangunan dari tipe klasik akan lebih kecil daripada ukuran bangunannya. Tata letak ruangan tipe ini berbeda dengan yang lain karena akan dibuat terpisah dan warna-warna seperti emas, kuning, biru langit, krem, juga warna netral sering digunakan. 

2. Desain Interior Bertipe Minimalis

Unsur estetika sangat dimaksimalkan dalam penerapan jenis desain interior minimalis agar mampu menciptakan sebuah kesederhanaan. Pada awalnya, desain interior minimalis digunakan untuk efisiensi penggunaan bahan baku. Hal ini dilihat karena untuk membangun sebuah rumah ataupun ruangan memang memerlukan biaya yang tidak murah.

Walau sederhana, uniknya desain interior minimalis saat ini menjadi tren. Banyak orang menyukai gaya Skandinavian lebih didominasi dengan furnitur kayu, warna putih, serta aksen kaca yang digunakan dalam jumlah banyak pada rumah.

3. Tipe Industrial untuk Desain Interior

Jika Anda tertarik memilih desain interior bertipe industrial, Anda akan terkesan dengan desain mentah atau setengah jadi yang dijadikan sebagai ciri khas desain ini. Penerapan konsep setengah jadi pada desain ini, misalnya dinding terbuat dari semen dan nuansa yang diterapkan masih primitif. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena kesan dari desain interior tipe industrial justru akan memikat tamu yang berkunjung ke rumah Anda. Juga ciri khas furnitur yang digunakan untuk tipe desain ini memiliki tekstur sendiri serta terlihat asli dan membuat kehadiran furnitur pada suatu ruangan akan sangat kuat.

4. Desain  Interior Tipe Basic

Tidak seperti jenis desain interior lain yang mempunyai ciri tersendiri, tampilan desain interior tipe basic justru tidak memiliki ciri khas tertentu. Tapi pada dasarnya, konsep tipe basic ini sama seperti desain interior lain yang digunakan pada sebuah rumah umumnya. Walau menjadi tipe yang tidak menonjolkan banyak unsur, desain interior tipe basic sangat mementingkan unsur fungsionalitas pada sebuah ruangan. Tidak hanya itu saja, penataan masing-masing perabotan ada fungsi bagi Anda nantinya.

Anda sudah tahu kan, apa saja faktor-faktor yang dapat mempengaruhi anggaran biaya yang nantinya akan Anda keluarkan? Kini, saatnya Anda mengetahui berapa biaya jasa desain interior. Pada umumnya, biaya setiap jasa desain interior berbeda-beda, namun berikut ini tarif yang sering diterapkan dalam desain interior. Perhatikan baik-baik sebelum Anda memutuskan menggunakan jasa desain interior.

1. Jasa Desain Interior Menetapkan Biaya Berdasarkan Persentase

Jika Anda menggunakan perhitungan berdasarkan persentase, penetapan biaya jasa desain interior dilakukan dengan cara menghitung sekian persen dari total biaya produksi atau disebut sebagai anggaran desain. Umumnya, jasa desain interior membelakukan perhitungan tarif kurang dari 10%. Perhitungan ini mulai dari kisaran 3% hingga 7% dari nilai proyek yang akan dilakukan. Anda masih ingat kan, semakin besar anggaran desain suatu jasa desain interior atau semakin luas lahan yang Anda miliki, perhitungan presentasenya pun akan semakin kecil. Sederhananya saja Anda ingin mendesain rumah dengan total anggaran Rp 2 Miliar, jasa desain interior yang dikeluarkan sebesar 3%. Tapi jika budget desain yang Anda inginkan hanya sekitar Rp 600 Juta, biaya jasa desain interior bisa berada di perhitungan sekitar 5%.

2. Jasa Desain Interior Menetapkan Harga Per Meter Persegi

Perhitungan menggunakan jasa desain interior bisa ditentukan berdasarkan per meter persegi dari luas ruangan yang Anda miliki. Untuk per meter perseginya, harga yang dibebankan untuk jasa mereka dimulai dari harga sekitar Rp 250.000. Penetapan biaya per meter persegi seperti ini pun ada yang berbeda tiap jasa desain interior, beberapa diantara mereka memulai Dengan harga Rp 350.000. Tenang saja, harga tersebut bukan merupakan harga yang sudah tetap, tapi hanya harga estimasi untuk bisa memperkirakan berapa kebutuhan anggaran biaya yang cocok. Lebih dari penentuan berdasarkan luas lahan, sertifikasi atau pengalaman yang dimiliki oleh suatu jasa desain interior sendiri yang bisa ikut menentukan.

3. Jasa Desain Interior Berdasarkan Gambar Per View

Untuk perhitungan menggunakan cara ini, biasanya biaya jasa desain interior dihitung berdasarkan gambar jadi atau per sudut dari suatu ruangan. Biaya jasa desain interior akan semakin mahal kalau semakin kompleks desain permintaan Anda. Penawaran biaya oleh jasa desain interior dilihat per viewnya dimulai dari harga Rp 750.000.

Tidak bisa dianggap asal, dalam proyek pembangunan sebuat interior rumah atau bangunan lainnya, faktor biaya memang sangat menentukan. Namun, jika Anda menginginkan desain interior yang bagus tapi dengan harga yang tidak terlalu tinggi, apalagi memang Anda membatasi pengeluaran anggaran, ada solusi yang tepat. Anda bisa menggunakan gaya desain interior dengan tipe minimalis. Sederhana tapi tetap menarik dijadikan pilihan. Tipe desain satu ini tidak memerlukan ornamen serta dekorasi yang banyak. Keuntungannya, bahan baku yang akan Anda gunakan tidak terlalu banyak dan tentu tidak membebani biaya pengerjaan yang dilakukan oleh jasa desain interior.

Penting yang perlu Anda ingat, murah maupun mahal biaya jasa desain interior ditentukan dengan kesepakatan antara Anda sebagai klien dan jasa desain interior itu sendiri. Anda jangan ragu untuk menanyakan dengan detail mengenai biaya jasa desain interior rumah secara per satuannya.

Tapi jangan mudah percaya dengan biaya murah yang ditawarkan jasa desain interior, karena belum tentu harga yang murah dapat sebanding dengan hasil kualitas desain. Pastinya, ketika Anda menggunakan jasa desain interior, Anda ingin hasil terbaik. Kualitas interior ruangan bisa membuat rasa nyaman. Sebagai jasa desain interior, Highstreet bisa menjadi pilihan Anda untuk mewujudkan hunian dengan desain interior yang outstanding dan menciptakan ruangan menjadi nyaman. Highstreet terbukti memberikan kualitas yang baik pada setiap proyek desain interior yang telah kami kerjakan. Sudah saatnya tempat tinggal Anda menjadi nyaman untuk setiap anggota keluarga. Hubungi kami untuk berkonsultasi mengenai desain interior yang tepat dan cara menggunakan jasa kami.

Bagikan Artikel Ini

Kembali

Tutup

Search

Whatsapp Menu