EN | ID
Tutup

Artikel

Desain Interior Dapur Restoran: Bagaimana Membuatnya Estetika dan Bersih?

diposting 3 April 2020

Desain Interior Dapur Restoran: Bagaimana Membuatnya Estetika dan Bersih?

Mengenal restoran memang tidak pernah lepas dari dapur restoran itu sendiri. Dapur restoran tidak hanya mengenai memasak makanan lezat dan menyajikan makanan tersebut kepada konsumen. Dapur restoran juga harus memiliki desain interior yang tepat agar konsumen dapat percaya dengan restoran Anda. Dengan adanya kepercayaan dari konsumen Anda, itu akan membuat mereka nyaman, tertarik untuk berada di restoran Anda lebih lama, serta dapat merasakan suasana restoran yang hangat untuk mereka tanpa perlu merasa khawatir. Aspek desain interior juga penting untuk dapur restoran Anda. Seperti yang diketahui, dapur menjadi bagian vital dari restoran dan bisa dikatakan sebagai tempat penting dari restoran Anda. Dari dapur restoran lah semua sajian menu lezat restoran Anda bermula. Oleh sebab itu, Anda tidak bisa menganggap asal desain interior untuk dapur. Apalagi jika restoran yang Anda miliki menampilkan konsep open kitchen.

Memilih Desain Interior Dapur Restoran

Konsep dapur restoran seperti itu membuat konsumen dapat melihat secara langsung dan detail aktivitas apa saja yang dilakukan koki saat memasak makanan. Selain itu, Anda juga harus memperkirakan ukuran yang sesuai untuk dapur Anda. Jangan sampai dapur Anda mengurangi luas ruang gerak para staf dan konsumen di restoran Anda. Ada juga harus diperhatikan dalam mendesain dapur restoran Anda, yaitu besar ruangan yang dibutuhkan untuk dapur, luas ruangan harus cukup untuk membuat para koki di restoran Anda juga bisa bergerak secara leluasa. Desain interior sebuah dapur restoran harus sangat diperhatikan.

Anda ingin dapur restoran Anda terlihat mewah? Bisa saja Anda menerapkan interior dengan lekukan pada dinding-dinding maupun langit-langit dapur yang bisa menampilkan kesan megah. Pemilihan model lampu juga berperan penting dalam memberikan pencahayaan yang tepat dalam ruang dapur restoran Anda. Untuk mempertahankan gaya desain tersebut, Anda harus memilih partisi dapur dan aneka hiasan yang paling sesuai untuk melengkapinya. Untuk desain interior dapur restoran, jangan lupa untuk menambahkan cat yang segar dan cerah. Anda juga bisa menambahkan beberapa hiasan gantung maupun hiasan dinding pada dapur restoran Anda. Kedua furniture tersebut mampu membuat dapur restoran Anda menjadi lebih menarik. Jika Anda bingung perabotan seperti apa yang dapat menjadi hiasan untuk dinding dapur restoran, Anda bisa memilih foto-foto makanan andalan di restoran Anda, yang pastinya foto-foto itu akan terlihat cantic juga menggiurkan.

Tidak hanya menjaga desain interior yang sesuai dengan keinginan Anda, kebersihan pada area persiapan pangan tersebut juga perlu dijaga baik-baik. Anda bisa meminimalkan risiko terjadinya kontaminasi silang dan penyebaran bakteri di dapur restoran dengan memastikan dengan detail kebersihan dan keamanan makanan di restoran Anda. Anda tahu, dapur menjadi area di mana terdapat pemakaian air dengan intensitas tinggi dengan tingkat akumulasi minyak yang juga tinggi. Jika tidak diperhatikan, bisa saja lantai dapur restoran Anda menjadi licin hingga berlendir seiring dengan berjalannya waktu. Tentu Anda tidak ingin staf dapur restoran Anda mengalami kecelakaan seperti terjatuh. Anda bisa melindungi dan memastikan keamanan staf di dapur restoran Anda dengan memilih lantai dapur yang tidak mudah licin atau meletakkan keset anti selip yang bisa ditempatkan di beberapa titik strategis di dalam dapur restoran Anda. Di area tersebut, Anda harus memastikan juga bahwa semua staf di dapur menangani seluruh proses pengolahan makanan telah memenuhi standar kebersihan yang ada.

Kebersihan untuk Desain Interior Dapur Restoran

Sama halnya dengan menciptakan desain interior yang tepat untuk dapur restoran Anda, lingkungan yang bersih juga harus diperhatikan. Sudah pasti konsumen di restoran Anda akan merasa senang dalam menikmati santapan menu yang ditawarkan, jika restoran Anda mempunyai lingkungan yang bersih. Dengan memperhatikan kebersihan, apalagi di tengah situasi seperti ini, meluasnya penyebaran virus corona, kebersihan untuk makanan dan minuman sangat penting dijaga agar Anda bisa meminimalkan risiko terjadinya kontaminasi silang dan menjamin keamanan menu restoran Anda bagi konsumen. Area dapur restoran, pastinya menjadi tempat yang paling menjadi pusat perhatian jika berbicara mengenai kebersihan. Selama mempersiapkan makanan, tangan akan menyentuh berbagai permukaan yang ada di area dapur. Pada saat itulah dapat terjadinya kontaminasi silang yang mengakibatkan makanan terkontaminasi. Untuk mencegah hal itu terjadi, Anda bisa melatih para staf restoran dengan mengetahui prosedur mencuci tangan yang baik dan tepat. Untuk lebih higenis lagi, Anda bisa memberikan kebijakan mengenai penggunaan sarung tangan agar meminimalkan penyebaran kuman yang terjadi dari tangan ke makanan yang sedang diolah di area dapur. Agar staf restoran yang berada di area dapur mudah melakukan cuci tangan secara maksimal, Anda bisa menyediakan fasilitas mencuci tangan juga pengeringan tangan yang memadai di berbagai titik di area dapur untuk meminimalkan terjadinya kontaminasi silang. Cara sederhana lainnya, Anda bisa menempatkan sanitizer tangan pada pintu masuk dapur untuk memastikan kebersihan tangan dapat dilakukan secara optimal.

Tidak Hanya Desain Interior Dapur Restoran, Peralatan Masak Perlu diperhatikan

Pastikan peralatan masak yang telah Anda pilih untuk digunakan oleh staf dapur restoran Anda telah dibersihkan dengan tepat. Semua peralatan masak harus sudah dicuci bersih dan dipindahkan dari bak cuci piring. Untuk membersihkan semua peralatan masak dapur restoran, diperlukan tiga tahap pencucian yang harus Anda lakukan. Jika dapur restoran Anda memiliki peralatan masak dengan noda membandel yang sulit dihilangkan, Anda memerlukan air dengan tekanan tinggi, sehingga kotoran yang menempel di peralatan masak tersebut dapat segera terangkat. Selain peralatan masak, sisa-sisa makanan yang terkadang masih ada di atas piring harus tertampung pada temapat penampungan sampah, jangan sampai ada sisa makanan yang tertinggal. Jika staf dapur restoran Anda selesai mencuci piring dan peralatan masak, harus dipindahkan ke rak agar dapat kering dengan cepat. Dalam melakukan cara ini, Anda juga harus memisahkan antara cangkir, piring, panic, gelas, juga peralatan masak lainnya.

Setelah selesai dengan peralatan makan, staf dapur restoran Anda harus mengikis sisa-sisa arang pembakaran di kompor, oven, dan grill. Untuk mengikis semua sisa-sisa pembakaran dan arang di alat pemanggangan, Anda bisa menggunakan sikat kawat. Sisa-sisa pembakaran tersebut mudah sekali dibersihkan, Anda tinggal memanasi panggangan yang selesai digunakan hingga residu pada panggangan membuat arang sedikit lunak dan lebih mudah untuk dikikis. Oven juga perlu dijaga kebersihannya, tidak hanya panggangan saja. Untuk membersihkan oven, staf dapur restoran Anda bisa menggunakan green scrubbing pad atau spons yang hanya diberi sabun dan air. Cara ini juga bisa Anda terapkan saat membersihkan kompor. Terkadang di kompor juga terdapat sisa-sisa makanan yang hangus dan sisa makanan tersebut menjadi arang. Cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan memanasi kompor dan membiarkan arang menjadi lebih lunak, dan kikis arang tersebut dengan kawat.

Untuk membuat desain interior yang sempurna, dapur restoran juga perlu diperhatikan. Kami mendesain restoran tidak hanya memperhatikan estetikanya saja, namun fungsi dari setiap sudut ruang juga sangat penting. Anda bisa mewujudkan desain interior restoran yang sesuai dengan kebutuhan dengan bekerja sama dengan kami. Anda dapat menghubungi customer service kami atau mengunjungi website resmi kami.

Bagikan Artikel Ini

Kembali

Tutup

Search

Whatsapp Menu