EN | ID
Tutup

Desain Interior Restoran

diposting 26 Oktober 2018

Desain Interior Restoran

Bukan saja cita rasa menu makanan yang disajikan, suasana menyenangkan maupun nyaman akan menjadi nilai tambah tersendiri untuk suatu restoran. Apalagi sekarang banyak restoran yang menawarkan suasana instagramable yang sangat menarik minat para pengunjung, khususnya generasi milenial. Kesan yang menyenangkan dan nyaman ini berasal dari desain interior yang dimiliki oleh restoran tersebut. Pasti terkadang Anda merasa tidak nyaman ketika mengunjungi restoran dengan suasana yang terasa pengap juga sempit atau Anda pernah merasa tidak suka dengan perpaduan warna di restoran? Jangan sampai lupa saat Anda merancang desain dan suasana suatu restoran, Anda juga harus membayangkan diri sebagai pengunjung. Pengalaman seperti apa yang mereka alami ketika menghabiskan waktu dalam restoran tersebut dan saat mereka menikmati semua hidangan yang dipesan.

Perpaduan Desain Interior Restoran yang Tidak Tepat

Saat Anda ingin memotret suasana suatu restoran, dan sayangnya restoran tersebut memadukan warna yang tidak sesuai akan membuat hasil foto tampak tidak bagus di kamera. Bagi Anda yang memiliki suatu restoran bisa menghindari masalah-masalah seperti itu jika restoran dirancang dengan pemahaman yang tepat. Anda pasti ingin restoran Anda menjadi pilihan pertama di antara restoran yang menjamur di masyarakat, ditambah lagi saat ini usaha kuliner memiliki persaingan yang cukup ketat.

Seperti yang sudah diketahui, di era modern saat ini dengan maraknya penggunaan media sosial, Anda bisa memanfaatkannya dengan berfokus pada desain interior restoran dan akan membawa keuntungan juga untuk Anda. Apalagi jika pengunjung restoran Anda seringkali memotret suasana restoran dan mengunggahnya di media sosial mereka, bisa dibilang mereka adalah pengiklan terbaik restoran Anda. Mereka butuh suatu hal menarik yang nantinya akan disebarkan di media sosial, tentu jika restoran Anda memiliki desain interior yang unik, cantik, serta menjadi spot yang tepat untuk di foto. Terutama untuk restoran Anda yang targetnya para generasi milenial. Jadi, jika mereka target restoran Anda, pastikan ruangan dan suasana dalam restoran harus fotogenik.

Furnitur Pilihan Mempengaruhi Atmosfer Restoran

Desain interior memang menjadi hal yang penting dan harus dipertimbangkan saat membangun restoran. Anda ingin desain interior restoran yang mengikuti perkembangan zaman atau memiliki ciri khas kesan tersendiri seperti gaya rustic barn yang dilengkapi dengan furnitur kayu warna gelap serta earthy colors, sebaiknya Anda selalu melakukan pembaruan untuk desain interior restoran. Jika Anda lebih menyukai desain interior sesuai dengan minat orang banyak, Anda bisa mengikuti tren desain interior yang seringkali berganti seiring dengan perubahan selera.

Agar Anda bisa menarik lebih banyak pengunjung untuk datang ke restoran, Anda perlu memilih desain interior restoran dengan pilihan furnitur-furnitur yang tepat. Furnitur dapat mempengaruhi bagaimana atmosfer sebuah ruang akan terbentuk. Anda harus mengingat kalau setiap warna, dekorasi, dan tampilan restoran Anda akan mempengaruhi para pengunjung. Tidak hanya itu saja, faktor kenyamanan, estetika dan aksesibilitas yang dimiliki restoran juga ditentukan dari furnitur pengisinya.

Selain itu, faktor estetika, aksesibilitas dan kenyamanan restoran ditentukan juga dari furnitur pengisinya. Furnitur yang paling krusial dalam desain interior restoran adalah tempat duduk. Saat pengunjung menghabiskan waktu di restoran Anda, mereka pasti ingin duduk dengan nyaman.

Restoran sendiri memiliki beberapa konsep area bersantap. Entah itu konsep pelayanan dengan meja di balik bilik, meja standar, atau meja santai seperti model bar. Masing-masing konsep tersebut memerlukan pilihan tempat duduk yang berbeda. Apa model furnitur tempat duduk yang Anda sukai? Untuk mengenal lebih jauh bagaimana pilihan yang tepat, mari mengenal beberapa model dan jenis furnitur kursi yang umum ditemukan pada desain interior restoran.

Bar stool

Bar stool atau lebih dikenal dengan nama kursi bar, merupakan model tempat duduk berkaki tinggi yang biasa ditemukan berdampingan dengan meja tinggi. Layaknya duduk di bar, kursi ini memang untuk desain interior restoran yang kasual dan non-formil. Bar stool umumnya memiliki rangka dari logam dan kayu. Namun ada juga yang mendesainnya dari kayu. Tempat duduk ini ada yang bisa diatur-atur posisinya, namun ada juga yang tidak. Selain itu, kursi model ini ada yang didesain dengan sandaran, dan juga tanpa sandaran. Apa restoran Anda ingin memiliki furnitur bar stool?

Restoran Chair

Jika restoran Anda ingin menghadirkan area bersantap yang cukup besar, maka kursi dan meja makan standar restoran adalah jawabannya. Namun, bukan berarti jenis kursi ini tidak bervariasi modelnya. Restoran chair ada yang berbahan logam, vinil, kayu, hingga plastik. Ketika Anda memilih model tempat duduk seperti ini, Anda tinggal menyesuaikan dengan konsep interior restoran secara keseluruhan. Bahkan ada beberapa restoran yang mengingingkan kursi yang aman untuk ditumpuk-tumpuk, agar lebih mudah dalam merapihkan atau saat menata ulang ruangan.   

Booth & Benches

Jika menginginkan desain interior restoran yang lebih premium dan lebih rapih, model booths and benches merupakan pilihan tepat. Tempat duduk yang umumnya dibuat secara customized ini memiliki lapisan luar. Lapisan tersebut dapat dengan leluasa ditentukan sesuai konsep desain interior restoran secara keseluruhan. Soal ukuran, tentu kursi model ini memiliki jangkauan yang lebih luas. Apalagi model booth dapat dibuat menempel pada bidang dinding di sepanjang restoran.   

Outdoor Chairs

Restoran Anda memiliki sebagian ruang yang terletak di bagian semi outdoor ataupun outdoor? Tentu Anda perlu untuk mengisinya dengan furnitur khusus. Kedua bagian ruang ini memiliki pilihan furnitur yang berbeda pula. Untuk outdoor, furnitur dibedakan dari bahannya. Dipilih bahan yang lebih tahan akan cuaca, seperti alumunium, rotan, hingga bambu. Untuk memberikan warna pada tempat duduk outdoor, dapat ditambahkan dengan cushion khusus. Keuntungan memiliki kursi-kursi outdoor ini, tentu dapat berfungsi ganda. Sewaktu-waktu dibutuhkan, kursi dapat digunakan di ruang dalam.  

Itulah beberapa furnitur yang disebutkan dan bisa membuat restoran Anda terlihat lebih menarik. Anda bisa memberikan susasana nyaman untuk para pengunjung melalui desain interior. Jika Anda masih bingung bagaimana menentukan konsep interior restoran yang tepat, Anda bisa menggunakan jasa konsultan interior untuk membuat desain interior restoran Anda menjadi lebih baik lagi. Tentunya menggunakan jasa mereka membutuhkan budget yang tidak sedikit. Namun tidak menjadi masalah karena budget yang Anda keluarkan akan sebanding dengan hasil yang akan Anda dapatkan. Jika Anda memiliki budget terbatas, seorang konsultan interior akan menyesuaikannya. Anda tidak perlu khawatir lagi karena mereka akan tetap membuat desain interiormu tetap menarik.

Sebagai konsultan interior dan arsitektur, Highstreet Studio telah berpengalaman dalam hal desain interior restoran. Berbagai restoran dengan konsep fast food, casual dining, hingga fine dining telah rampung didesain dengan apik dan memukau. Segera cek hasil desain karya Highstreet Studio pada kolom Projects. Atau hubungi kolom Contact untuk menggunakan jasa dari konsultan Highstreet Studio. Saatnya bekerjasama dengan Highstreet Studio dan wujudkan desain interior restoran Anda yang outstanding.


Bagikan Artikel Ini

Kembali

Tutup

Search

Whatsapp Menu