EN | ID
Tutup

Artikel

Gambaran Desain Masa Depan Kantor Setelah Pandemi

diposting 5 Juni 2020

Gambaran Desain Masa Depan Kantor Setelah Pandemi

Interior Designers: Hubungi kami melalui  Highstreet untuk wujudkan bangunan impian Anda dan ikuti  blog kami untuk update mengenai inspirasi desain bangunan.

Situasi seperti sekarang, adanya pandemi mengubah kebiasaan dan gaya hidup masyarakat di berbagai sektor, salah satunya adalah kantor. Saat ini, aturan bekerja dari rumah mulai dilonggarkan. Masa depan kantor di era pasca-pandemi perlu Anda perhatikan. Apalagi, bagi Anda yang memiliki rencana untuk mengaktifkan kembali karyawan bekerja di kantor. Anda perlu membuat kantor menjadi tempat kerja yang aman untuk karyawan Anda. Perubahan perlu dilakukan saat karyawan beraktivitas di kantor agar mengurangi potensi penularan COVID-19 di area kantor. Tidak dapat dihindari, pandemi membuat perkantoran mulai memikirkan kembali desain ruang kantornya. Apakah Anda bertanya-tanya, seperti apa desain kantor yang tepat untuk menghadapi pasca-pandemi? Pastinya, Anda masih membutuhkan karyawan Anda untuk beraktivitas di kantor jika Anda siap untuk mengadaptasi desain ruang kantor Anda. Mengenai desain kantor, banyak yang beranggapan desain kantor akan kembali seperti desain masa lalu, di mana penerapan kubikel pada setiap meja kerja. Apakah desain masa depan kantor akan seperti itu? Untuk menghadapi perubahan situasi pada maa pasca-pandemi, berbagai solusi kreatif pun mulai digagas untuk desain kantor masa depan yang dapat membuat setiap karyawan merasa nyaman dan aman. Namun, jika Anda ingin mengubah desain kantor Anda, sebaiknya Anda memikirkan perubahan dalam jangka panjang, jadi kantor Anda bisa beradaptasi dengan perubahan seperti saat ini. Paling umum dari perubahan yang dilakukan untuk desain ruang kantor adalah Six Feet Office atau Kantor Enam Kaki. Konsep perubahan desain ruangan tersebut memengaruhi koridor ruang kantor yang akan didesain tampak lebih luas. Tidak hanya diterapkan pada ruangan saja, perubahan desain kantor juga mengubah penggunaan mebel. Seperti yang Anda ketahui, pandemi ini membuat setiap orang, termasuk Anda harus siap untuk beradaptasi dan berubah dari hari ke hari, minggu ke minggu, hingga bulan ke bulan agar dapat menyesuaikan dengan situasi new normal. Sebelum Anda memilih untuk mengadapatasi desain kantor Anda, sebaiknya ketahui terlebih dahulu referensi langkah adaptasi desain kantor yang bisa Anda terapkan.

Desain Kantor Lebih Banyak Ruang, Sedikit Meja

Konsep desain pertama untuk ruang kerja yang bisa Anda jadikan referensi adalah meningkatkkan jaak antar meja kerja. Konsep desain ini mengutamakan untuk menerapkan lebih sedikit penggunaan meja kerja di area tertentu. Namun, Anda perlu memperhatikan lagi apakah penerapan konsep desain tersebut tepat untuk kantor Anda atau tidak. Merancang desain ruang kantor yang dapat benar-benar memaksimalkan fungsinya harus Anda perhatikan. Selain menerapkan desain kantor yang memiliki lebih banyak ruang dan sedikit meja, ke depannya karyawan Anda dituntut untuk bisa menjaga perlengkapan dan meja kantor agar tetap bersih. Anda bisa meletakkan pembersih tangan atau hand sanitizer di setiap ruang kantor Anda. Selain hand sanitizer, cara lain yang bisa Anda terapkan adalah dengan menggunakan tatakan kertas. Nantinya, bisa saja karyawan Anda diminta untuk mengambil tatakan kertas meja dan langsung dibuang setelah mereka selesai bekerja. Dengan menerapkan cara ini di area kantor dapat mengurangi penyebaran COVID-19, khususnya pada permukaan peralatan kantor yang sering Anda gunakan.

Perubahan Desain Area Tempat Duduk

Mengubah desain area tempat duduk untuk kantor Anda secara tepat perlu dipertimbangkan. Jika Anda memilih untuk mengadaptasi area tempat duduk, Anda perlu memperhatikan efektivitas perubahan tersebut bagi karyawan Anda. Kantor Anda dapat mengatur tempat duduk secara zig-zag di area kerja terbuka. Hal ini merupakan solusi yang logis dan mulai banyak diterapkan pada beberapa kantor yang ingin membutuhkan karyawan untuk bekerja di kantor seperti biasa. Dengan menerapkan perubahan desain untuk area tempat duduk karyawan, memungkinkan lebih jauk jarak sosial antara karyawan. Kantor fleksibel sangat dibutuhkan untuk beradaptasi dengan perubahan di masa pandemi seperti ini

Penerapan Tanda Jarak Sosial di Setiap Ruangan

Sekarang, pasti Anda sering melihat tanda merah ataupun tanda garis-garis yang muncul di stasiun, toko, restoran, dan bank untuk membantu Anda dalam menjaga jarak sosial yang sesuai. Dalam area kantor, Anda selain menerapkan tindakan pencegahan melalui kebersihan dan keselamatan karyawan Anda, Anda juga bisa mengadapatasi ruang kantor Anda dengan membuat tanda jarak sosial pada setiap ruangan di area kantor Anda.

Penggunaan Jalan Satu Arah pada Area Kantor

Selain memperhatikan meja dan tempat duduk pada ruang kantor Anda, Anda bisa menciptakan jalur sirkulasi satu arah. Tujuan dari penerapan konsep desain kantor seperti itu untuk mencegah tabrakan yang berpotensi menular, terutama jika area kantor tersebut merupakan jalur yang sering dilalui oleh karyawan Anda. Tanda-tanda tersebut bisa seperti marka. Jadi, desain kantor Anda akan dipenuhi juga oleh marka. Marka yang diterapkan pada kantor Anda seperti marka jalan, simbol yang ada dalam ruangan kantor Anda diterapkan untuk menjaga agar tidak ada interaksi langsung antar karyawan. Salah satu perubahan konsep desain kantor tersebut akan membuat karyawan Anda selalu berjalan searah dengan jarum jam. Konsep desain ini berguna untuk menciptakan jalur searah sehingga area kantor dapat meminimalisasi transmisi virus COVID-19.

Penerapan Desain Toouchless pada ruang Kantor

Selama pandemi, terjadi perubahan besar dalam kebersihan dan perilaku orang-orang yang dapat memengaruhi intensitas antar karyawan. Desain anti-infeksi dapat Anda terapkan kembali pada meja kerja atau penggunaan layar Plexi yang dapat melindungi karyawan Anda selama bekerja di kantor. Selain layar Plexi, Anda dapat menggunakan teknologi tanpa sentuhan atau touchless untuk pintu, elevator, dan mesin pembuat kopi. Penerapan teknologi touchless pada desain kantor akan membantu Anda untuk mengurangi transmisi penyebaran COVID-19 pada furniture maupun peralatan kantor lainnya.

Jasa Interior Design Rancang DesainKantor yang Bisa Beradaptasi

Dalam beberapa bualan ini, orang-orang memang sudah terbiasa bekerja dari rumah, segala aktivitas kantor dapat dilakukan dengan menggunakan Zoom, Skype, maupun platform meeting lainnya. Tanpa disadari, Anda juga dengan cepat mengadaptasi kehidupan professional Anda sebagai karyawan dan kehidupan pribadi Anda pada masa pandemi seperti ini. Dan Anda pun terbiasa lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Tetapi perlu Anda ketahui, kehidupan kantor tidak bisa berakhir. Apalagi saat masa new normal diberlakukan, Anda harus membiasakan diri untuk bekerja dari kantor. Dengan fokus yang lebih besar pada Kesehatan, kebersihan, dan keamanan, Anda mungkin benar-benar melihat tempat kerja masa depan berkembang dan lebih membuat Anda nyaman.

Apakah Anda ingin mengadaptasi desain kantor Anda untuk menghadapi situasi new normal? Anda bisa berkolaborasi dengan kami dengan menghubungi customer service kami untuk mewujudkan desain kantor idaman Anda.

Interior Designers: Hubungi kami melalui  Highstreet untuk wujudkan bangunan impian Anda dan ikuti  blog kami untuk update mengenai inspirasi desain bangunan.

Artikel ini disadur dari https://architizer.com/blog/inspiration/stories/predictions-post-pandemic-office-design/

Bagikan Artikel Ini

Kembali

Tutup

Search

Whatsapp Menu