EN | ID
Tutup

Artikel

Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Jasa Kontraktor Interior

diposting 26 Oktober 2018

Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Jasa Kontraktor Interior

Sudah memiliki hunian, perkantoran, ataupun tempat bisnis sendiri? Hendaknya interiornya didesain dengan baik dan efisien. Caranya, tentu menggunakan desainer interior dan jasa kontraktor interior yang berpengalaman. Desainer dan kontraktor interior akan membantu Anda untuk mewujudkan ruang dengan seefisien dan seefektif mungkin berdasarkan apa yang Anda inginkan. Untuk itu, High Street sebagai konsultan desain dan kontraktor, akan membagi beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat Anda ingin menggunakan jasa tersebut:

Kenali Perusahaan

Sebelum menentukan jasa konsultan yang akan Anda gunakan, tentu Anda perlu untuk mengenal perusahaan tersebut lebih dulu. Proyek-proyek apa saja yang sudah ditangani, sudah berapa lama berdiri, hingga mengetahui siapa saja yang ada di balik perusahaan tersebut. Anda dapat mengakses website dan juga social media, untuk mengetahui hal tersebut. Tak perlu ragu juga untuk menghubungi konsultan desain dan jasa kontraktor interior yang Anda incar, untuk mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya.

Tentukan Lingkup Pekerjaan

Alangkah lebih ideal dan efektif jika Anda menggunakan jasa konsultan desain yang juga menerima pekerjaan kontraktor interior. Dengan kata lain, satu perusahaan namun dapat melayani kedua pekerjaan tersebut. Agar seluruh pekerjaan desain dan konstruksi dapat berjalan selaras dan saling berkesinambungan. Sebagai klien pun, Anda pun tak perlu repot berkoordinasi dengan dua konsultan yang berbeda.

Timeline dan Skema

Sebagai klien, Anda wajib untuk meminta konsultan desain dan jasa kontraktor interior tersebut untuk memberikan skema pekerjaan dan timeline yang akan dijalankan. Umumnya, pekerjaan kontraktor interior akan dilakukan secara borongan atau sekaligus. Timeline sangat perlu untuk dicermati, agar waktu pengerjaan dapat berjalan sesuai target. Dan ketika sudah memasuki tahap pengerjaan, Anda sebagai klien harus rajin atau secara berkala mengecek pekerjaan di lapangan. Hal ini guna meminimalisasi terjadinya penambahan waktu dan biaya.  

Anggaran Sesuai

Hal penting lain untuk diketahui tentu soal bajet yang harus disediakan oleh Anda sebagai klien. Untuk itu, konsultan kontraktor interior harus memberikan perkiraan rincian dana yang diperlukan selama tahap konstruksi berjalan. Pastikan Anda menerimanya secara detail, baik dari segi biaya konsultasi desain, biaya tukang, harga material, hingga harga pembelian furnitur jadi.

Memberikan Solusi

Saat memasuki tahap konstruksi, sangat lumrah jika menemukan hal-hal yang tidak berjalan dengan lancar. Perlu untuk memastikan bahwa kontraktor interior tersebut dapat berkomunikasi dengan lancar kepada kliennya tentang hambatan-hambatan tersebut. Jasa konsultan interior yang kooperatif akan mengajak Anda para klien untuk berdiskusi lebih lanjut, serta memberikan masukan dan solusi terhadap masalah tersebut.

Anda juga perlu mengetahui cara kerja dari interior kontraktor. Setelah menunjuk perusahaan yang telah Anda yakini sesuai dengan hal-hal tersebut di atas, merupakan hak Anda untuk menerima penjelasan mengenai sistem kerja kontraktor interior. Berikut adalah sistem kerja yang selama ini dilakukan oleh High Street:

1. Mengumpulkan Informasi dan Data

Langkah ini dilakukan di awal pekerjaan baik ketika membangun baru ataupun renovasi. Kontraktor interior membutuhkan data dan profil klien, beberapa referensi yang dijadikan contoh desain oleh klien. Data yang dikumpulkan juga dapat berupa gambar kerja 2D atau 3D yang sudah pernah klien buat agar dapat diolah kembali oleh kontraktor interior menyesuaikan keadaan lapangan. Penyesuaian biaya tak kalah penting dijadikan sebagai salah satu faktor pengumpulan data,  apalagi dengan tipe bangunan Anda. Profil bangunan untuk komersial dan hunian tentunya berbeda sehingga harus diperlakukan berbeda dari segi jenis material hingga luasan area. Penting bagi klien untuk dapat terbuka dan memiliki komunikasi yang baik sehingga kontraktor interior dapat mencarikan solusi bagi masalah interior Anda.

2. Membuat Rancangan

Sebagai klien, tentunya Anda telah memiliki beberapa referensi yang sesuai dengan impian Anda. Namun tidak semua referensi tersebut dapat diterapkan. Kontraktror interior akan melakukan penyesuaian berdasarkan dana dan keadaan di lapangan. Sebelum ke tahap pengaplikasian desain, pihak kontraktor interior akan membuatkan rancangan layout berdasarkan luas area atau ruangan yang Anda miliki. Setelah itu baru mendiskusikan gaya desain yang sesuai untuk diterapkan di ruangan tersebut. Gaya desain juga memiliki pengaruh besar pada jenis industri Anda jika ingin membangun area komersial, dengan menyesuaikan tren yang ada saat itu. Tentunya tren ini juga harus dipikirkan matang agar dapat tetap relevan di masa depan sehingga tidak ketinggalan jaman. Salah satu gaya desain yang diminati adalah gaya minimalis, dikarenakan desainnya yang tidak banyak warna dan menempatkan fungsi furnitur sebagamana mestinya. 

3. Mengaplikasikan Rancangan Desain

Setelah mengumpulkan dan berdiskusi menentukan desain berdasarkan rancangan yang telah dibuat. Kelebihan memilih konsultan sekaligus kontraktor interior adalah mendapatkan pengawasan kualitas desain secara langsung. Pada saat proses pengerjaan, tentunya kontraktor interior yang lebih paham pada keadaan di lapangan seperti pemakaian material dan jenis lampu yang cocok untuk area bangunan. Keadaan tersebut disesuaikan dengan rancangan dan kebutuhan. Pada tahap ini, Anda juga perlu mengawasi proses pembangunan agar sesuai dengan ekspetasi serta dana yang dialokasikan selama pengerjaan.

Sebagai konsultan desain dan penyedia jasa kontraktor interior, High Street bukan saja melayani pekerjaan desain di seputar wilayah Jakarta, namun hingga ke luar daerah. High Street merupakan konsultan desain dan kontraktor interior yang tak perlu diragukan lagi pengalamannya dalam menangani bermacam klien di berbagai ranah industri.

Pho Street and Hong Kong Sheng Kee adalah salah satu portofolio desain interior restoran yang dikerjakan oleh High Street. Untuk proyek desain interior restoran ini, tantangannya cukup unik, yaitu membagi satu unit untuk dua restoran berbeda. Ruang persegi dibagi dua secara diagonal dimana satu sisi menjadi area Pho Street dan sisi lainnya untuk Hong Kong Sheng Kee Dessert. Pembagian ini memungkinkan untuk kedua area tampil dengan gaya desain interior dan ciri khas masing-masing tanpa terasa terpisah sama sekali. 

Desain interior area makan keduanya sama-sama didominasi oleh material kayu dengan bingkai terbuka sebagai partisi di tengahnya. Model kursi dan meja juga dibuat sama meski dilapisi dengan warna cushion yang berbeda. Yang juga berbeda dari desain interior keduanya adalah Pho Street memilih sentuhan warna biru dengan elemen dekor bergaya Vietnam untuk lampu dan gambar di dinding, sementara Hong Kong Sheng Kee Dessert memilih sentuhan warna merah dengan elemen dekor bergaya modern dan cenderung minimalis. Yang juga menarik di kedua area ini adalah model-model kap lampu yang membuat ruang jadi terlihat atraktif.

Selain restoran, High Street juga menangani kontraktor interior dari lini bisnis lainnya seperti retail, perkantoran, dan hospitality. Saat ini High Street juga mulai menangani kontraktor interior dan tidak hanya jasa konsultan interior saja. Hubungi kolom contact dan High Street Studio akan memberikan solusi desain yang selama ini Anda impikan.

Baca Juga :  Inspirasi Gaya Desain Interior Kantor karya High Street Studio

Bagikan Artikel Ini

Kembali

Tutup

Search

Whatsapp Menu