EN | ID
Tutup

Jangan Ketinggalan, Inilah 8 Ide Desain Kantor Cerdas dengan Teknologi

diposting 23 April 2021

Jangan Ketinggalan, Inilah 8 Ide Desain Kantor Cerdas dengan Teknologi

INTERIOR DESAINER: HUBUNGI KAMI MELALUI  HIGHSTREET UNTUK WUJUDKAN BANGUNAN IMPIAN ANDA DAN BERGABUNGLAH BERSAMA HIGHSTREET UNTUK MENJADI PARTNER DESAIN INTERIOR KAMI.

 

Saat ini, tempat kerja bukan hanya tempat untuk memenuhi kebutuhan karyawan dan menghasilkan tujuan dari sebuah perusahaan. Dalam perjalanannya, sebuah kantor mulai bertransisi memasuki era kantor cerdas.

Kantor-kantor modern belakangan ini sudah mulai bergerak seiring dengan perkembangan teknologi yang ada. Beberapa kantor modern pun sudah mulai menerapkan konsep ini pada desain interior kantornya. Contohnya saja sudah mulai ada ruang terbuka, tanaman hijau, pencahayaan alami, sampai dengan jenis furniture terkini yang digunakan pada kantor.

Keberadaan kantor modern di lingkungan kerja fisik ternyata tidak lantas membuat sebauh kantor menjadi kantor cerdas.

 

Apa itu Kantor Cerdas?

Meski dalam perjalanannya sudah banyak kantor yang bisa disebut kantor cerdas, namun ada juga sebagian yang sama sekali belum menyentuh ranah tersebut. Secara definisi, kantor cerdas adalah sebuah kantor biasa yang mengguakan hibrida berteknologi tinggi yang mampu memenuhi kebutuhan manusia—dalam hal ini karyawan—pada sebuah kantor.

Alat teknologi ini dirancang untuk meningkatkan keseluruhan ruang kantor dengan menggunakan alat manajemen terbaik, sehingga memungkinkan karyawan bisa bekerja dengan lebih cerdas, efektif, dan efisien. Kantor yang bersinergi dengan kemajuan teknologi tentu akan mengubah konsep pengalaman karyawan akan sebuah tempat kerja dengan menghasilkan produktivitas kerja yang kreatif.

Menurut laporan penelitian terbaru mengenai kantor cerdas, terdapat perkembanga pesat di sektor kantor cerdas saat ini. Pada tahun 2025, ukuran pasar globalnya dapat diproyeksikan mencapai USD 57,05 miliar. Ini juga diharapkan menghasilkan 13,2% CAGR selama kerangka waktu yang diproyeksikan (dari 2017 hingga 2025.)

 

Pada praktiknya, tentu sebuah kantor cerdas membutuhkan elemen-elemen yang dapat membantu sebuah kantor bisa disebut cerdas, termasuk dari segi desain interiornya.

 

1. Meja Pintar dan Ruang Konferensi Menunjang Pekerjaan

Sebuah meja pintar dapat memberikan akses lebih mudah serta kesejateraan dan produktivita syang lebih baik pada karyawan Anda. Desain furniture semacam ini juga memungkinkan untuk Anda dan karyawan mendapatkan posisi duduk yang baik dan menghindari  sakit punggung saat bekerja.

Meja pintar dinilai memiliki fitur yang cukup mumpuni untuk dapat menghubungi seluruh karyawan bahkan untuk mereka yang ada di bagian belakang gedung sekalipun. Kemudahan ini diselaraskan dengan mode privasi yang bisa diubah oleh karyawan itu sendiri. Namun, Anda sebagai pemilik kantor setidaknya akan tetap memiliki kemudahan akses untuk menghubungi karyawan Anda.

Tidak jauh berbeda dengan ruang konferensi pintar, di masa pandemic seperti sekarang, ruag semacam ini menjadi bagian dari desain interior kantor yang menguntungkan. Sebab ruang ini dibuat untuk rapat secara virtual dengan cukup nyaman.

 

2. Pemantau Video Agar Kantor Lebih Aman

Pada umumya, pemantau video semacam ini digunakan untuk mencegah pencurian internal atau untuk tujuan keamanan lainnya. Sudah cukup banyak kantor cerdas yang menggunakan teknologi kamera CCTV untuk memantau seluruh gedung kantornya. Dengan menaruhnya di tempat-tempat tertentu, video pemantau atau CCTV membantu untuk menganalisis penggunaan kantor dengan berbagai fitur, seperti tampilan sudut, cahaya, dan fitur zoom yang maksimal.

Untuk fitur layarnya sendiri, tentu Anda tahu bahwa alat ini bisa membantu untuk emmantau lokasi yang berbeda dalam satu waktu melalui computer atau smartphone. Data yang dihasilkan bisa disimpan pada fitur penyimpanan data kantor dan bisa diunduh saat diperlukan,

 

3. Alat Pengontrol Suhu Dan Pencahayaan Cerdas

Teknologi pintar yang satu ini akan melengkapi desain interior kantor Anda. Bukan cuma melengkapi secara visual, tapi juga memiliki fungsi yang cukup bagus untuk mengatur suhu ruangan secara. Beberapa perusahaan sudah menggunakan thermostat cerdas yang bisa diatur melalui browser web ataupun aplikasi seluler.

Untuk segi pencahayaan, Anda bisa menggunakan alat yang berfungsi untuk mengatur kendali pada jendela kantor, pintu, dan lampu hanya dengan satu ketukan di layar.

 

4. Peta Dalam Ruangan

Peta dalam ruangan berfungsi selayaknya peta yang berfungsi untuk pemandu di dalam gedung perkantoran. Karyawan atau pengunjung dapat menggunakan peta ini untuk menunjukkan navigasi lantai kantor. Tujuannya tentu untuk memudahkan menemukan jalan dengan smartphone Anda ataupun pengunjung.

 

5. Meja dengan Penyimpanan

Solusi yang juga biasa digunakan desain interior kantor  cerdas adalah meja yang terintegrasi dengan sistem penyimpanan yang memungkinkan untuk banyak penggunaan dari satu desktop. Terdapat serangkatan baki yang bisa dilepas, penyangga pena, dan steker soket. Saat sudah tidak digunakan, perlengkapan tersebut dapat dilepas dan disimpan di rak penyimpanan seluler terdekat yang dirancang untuk tujuan tersebut. Alat ini memungkinkan meja untuk digunakan untuk kegiatan kelompok tanpa emmbuatnya berantakan.

 

6. Dapur Kantor Juga Perlu DIrancang Agar Menyenangkan

Mndekorasi dapur kantor tentu tidak ada salahnya. Ada banyak ide dan keputusan yang hasilnya dibuat pada saat istirahat di area dapur kantor. Suasana santai yang menyelimuti dapur bisa mencoptakan ide-ide kreatif dari para karyawan. Sehingga Anda perlu memasukkan ini sebagai daftar desain interior untuk kantor cerdas.

 

7. Berinvestasilah Pada Furnitur Berkualitas

Dikarenakan karyawan Anda menghabiskan sebagian besar waktunya di kantor, memberi mereka furnitur yang nyaman adalah ide yang baik. Anda bisa membeli kursi ergonomis agar setiap karyawan Anda dapat menjaga postur tubuhnya tetap sehat. Mencegah sakit punggung juga akan memungkinkan karyawan Anda untuk menghindari stres dan tetap produktif.

Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah mendapatkan meja yang dapat disesuaikan ketinggiannya untuk karyawan Anda. Hal-hal ini akan memungkinkan mereka untuk bekerja dalam posisi berdiri dan mengurangi kemungkinan sakit punggung lebih banyak lagi. Jangan lupa tentang sofa dan kursi yang nyaman untuk aula Anda karena Anda ingin klien Anda tetap nyaman saat menunggu.

 

8. Membuat Desain Interior Untuk Area Istirahat

Dari sebuah penelitian, ada hasil yang terlihat bahwa istirahat yang cukup dapat membantu karyawan teta fokus dan membuat lebih sedikit kesalahan. Anda bisa menyediakan ruang kosong untuk menaruh beberapa perlengkapan games agar karyawan Anda dapat beristirahat dan bersenag-senang dengan merilekskan pikiran sejenak. Beberapa perusahaan juga bahkan menyediakan meja ping pong untuk mendorong kesenangan dan bersosialisasi selama istirahat.

 

Membuat desain interior kantor cerdas ternyata juga berkaita dengan teknologi yang diterapkan agar sebuah kantor bisa disebut cerdas. Anda bisa melakukan analisis awal sebelum memutuskan desain ruang kerja Anda. Tidak ada satu resep umum yang secara paten bisa Anda ikuti, sebab setiap organisasi punya kebijakan dan standarnya masing-masing. Oleh karena itu, Anda bisa terlebih dahulu berkonsultasi dengan jasa design interior agar perencanaan Anda untuk membuat kantor cerdas dapat terwujud dengan tepat.

 

INTERIOR DESAINER: HUBUNGI KAMI MELALUI  HIGHSTREET UNTUK WUJUDKAN BANGUNAN IMPIAN ANDA DAN BERGABUNGLAH BERSAMA HIGHSTREET UNTUK MENJADI PARTNER DESAIN INTERIOR KAMI.

Bagikan Artikel Ini

Kembali

Tutup

Search

Whatsapp Menu