EN | ID
Tutup

Konsultan Interior: Ide Warna Cat Ini Bisa Meningkatkan Produktivitas Kerja

diposting 16 April 2021

Konsultan Interior: Ide Warna Cat Ini Bisa Meningkatkan Produktivitas Kerja

INTERIOR DESAINER: HUBUNGI KAMI MELALUI  HIGHSTREET UNTUK WUJUDKAN BANGUNAN IMPIAN ANDA DAN BERGABUNGLAH BERSAMA HIGHSTREET UNTUK MENJADI PARTNER DESAIN INTERIOR KAMI.

 

Suasana kantor yang nyaman dapat meningkatkan produktivitas kerja para karyawan. Perencanaan desain interior kantor yang memadai, mulai dari fungsi ruang, penggunaan warna, pemilihan furniture, sampai pemisahan ruang kerja memungkinkan Anda untuk bisa bekerja dengan tenang selama di kantor.

Hal utama yang juga menjadi fokus dan penting untuk diperhatikan adalah mengenai penggunaan skema warna dalam interior kantor. Warna berpengaruh pada tingkat fokus dan produktivitas kerja seseorang, terlebih ketika Anda bekerja di kantor. Pemilihan warna seperti apa yang seharusnya Anda pilih untuk desain interior kantor?

 

Warna Bersifat Subjektif

Anda perlu memerhatikan bahwa warna bisa bersifat subjektif,warna yang mungkin membuat seseorang merasa ceria, bisa saja tidak berlaku pada orang lain.. Hal ini bergantung pada pengalaman dan perbedaan budaya dari seseorang.

Warna tidak sepenuhnya dianggap universal dan dapat berbeda dari sudut pandang masing-masing negara. Warna dan emosi memang berkaitan erat, jadi Anda perlu mempertimbangkan sebelum Anda menentukan warna.

Konsultan interior memberikan solusi untuk Anda dalam memilih warna cat dinding atau area kerja yang bisa membantu Anda menaikkan tingkat fokus dan produktivitas kerja Anda sehari-hari.

 

Warna Kuning Untuk Meningkatkan Kreativitas

Inovasi dan kreativitas tentu dibutuhkan oleh sebuah perusahaan yang bergerak di semua bidang, terutama bidang periklanan. Kreativitas tidak bisa didapat begitu saja, ada proses panjang yang diperlukan pekerja dalam menciptakan ide-idenya. Memunculkan kreativitas tidak hanya soal kuantitas, namun juga kualitas terbaik yang harus Anda berikan.

Berpikir out of the box bisa dirangsang dengan apa saja, salah satunya dengan mengandalkan penggunaan warna cat pada desain interior kantor Anda. Sesuai dengan saran dari konsultan interior, warna kuning dianggap dapat merangsang kreativitas dalam bekerja.

Dengan mengaplikasikan cat warna kuning pada interior kantor Anda, ide-ide kreatif akan muncul dengan lancar.

 

Warna Biru Untuk Meningkatkan Produktivitas

Penggunaan warna biru pada desain interior kantor menjadi warna yang juga disarankan oleh konsultan interior. Selain menampilkan ketenangan, warna biru juga dikenal baik untuk meningkatkan produktivitas dan membantu pegawai fokus pada pekerjaan yang sedang dikerjakan.

Dalam lingkup ruang kerja, warna biru juga dapat memengaruhi tingkat komunikasi, efisiensi, dan kepercayaan. Seperti frasa “feeling blue” yang berarti kesedihan, warna biru juga sering dikonotasikan sebagai warna yang menunjukkan kesedihan, namun dalam penggunaannya pada interior kantor dapat mendorong Anda untuk memunculkan ide-ide baru.

Warna biru dianggap efektif untuk menciptakan komunikasi pada sebuah kantor. Anda bisa mencoba untuk mengaplikasikan warna biru pada interior kantor Anda agar produktivitas dan komunikasi dapat terjalin dengan baik.

 

Warna Hijau Untuk Keseimbangan Mental

Memilih warna hijau pada interior kantor Anda dapat memberikan pengaruh keseimbangan mental. Bekerja selama lima hari dalam satu minggu berpotensi membuat Anda stress dan kelelahan mental. Dengan menggunakan warna hijau, Anda bisa sekaligus memperbaiki kesehatan mental Anda, sebab warna hijau dipercaya dapat memberikan ketenangan.

Tidak hanya menciptakan suasana yang tenang, warna hijau juga menambahkan semangat pada ruang kantor Anda. Semakin banyak unsur berwarna hijau akan membawa keharmonisan yang baik bagi kesehatan pegawai di kantor Anda. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan ornament-ornamen yang bersifat alam untuk dekorasi sederhana agar suasana kantor Anda semakin nyaman.

Beberapa warna hijau yang bisa Anda gunakan misalnya, warna hijau zamrud yang membawa keseimbangan dan harmoni; warna hijau zaitu untuk memicu persaingan dalam hal baik. Selain memperbaiki keseimbangan mental, hijau juga mengurangi kelelahan pada mata Anda yang setiap hari berkutat di depan komputer dan dokumen.

 

Warna Merah Untuk Meningkatkan Motivasi

Meskipun warna merah seringkali dihindari karena dianggap terlalu mencolok, namun tidak ada salahnya menggunakan warna merah pada desain interior kantor Anda. Warna merah bisa meningkatkan motivasi di lingkungan kerja dan menciptkan suasana yang lebih dinamis. Sedikit percikan atau dekorasi warna merah pada kantor Anda dapat membantu untuk lebih produktif juga. Merah dapat merangsang perhatian dan detail pada tugas yang sedang dikerjakan.

 

Warna Jingga Untuk Meningkatkan Kebahagiaan

Dalam suasana kerja pun Anda perlu merasa bahagia agar segala sesuatu yang dikerjakan tidak menjadi beban dan bisa Anda nikmati. Warna lain dari saran konsultan interior adalah warna jingga. Anda bisa menggunakan warna jingga untuk ruang kerja, tidak perlu sepenuhnya, bisa juga hanya sebagai motif atau memasangkannya dengan warna lain.

Warna jingga bisa memberikan efek kebahagiaan pada Anda dan pegawai Anda di kantor. Perasaan yang bahagia dapat membantu menciptakan ide-ide kreatif untuk pekerjaan Anda. Warna jingga juga menawarkan fleksibilitas, sehingga suasana kantor Anda terasa tidak kaku.

 

Warna Cokelat Untuk Stabilitas

Memilih warna cokelat pada interior kantor menjadi salah satu pilihan yang paling sering digunakan untuk desain interior kantor. Nuansa hangat yang ditawarkan dari warna cokelat dapat memberikan stabilitas pada suasana kantor Anda. Selain itu warna cokelat juga warna yang mudah dipadukan dengan warna lain.

Warna cokelat didapat dari warna-warna kayu atau dari warna furnitur yang digunakan. Namun, Anda juga bisa menerapkan warna cokelat untuk warna dinding di ruang kerja Anda.  Sebab, warna cokelat dapat memberikan pengaruh positif.

 

Saran Konsultan Interior: Gunakan Warna yang Cerdas

Memilih warna pada ruang kantor membutuhkan banyak pertimbangan. Pengaplikasian warna tidak boleh terlalu berlebihan karena justru akan berdampak kurang baik pada produktivitas kerja para pegawai. Anda perlu mencoba untuk menggabungkan kontras dengan sesuai agar suasana hangat dan sejuk bisa berpadu di seluruh area kantor.

Warna-warna di area kantor bisa disesuaikan berdasarkan fungsinya, hal ini juga berkaitan dengan emosi para pekerja yang dapat berubah seiring denga suasana dan beban kerja yang dilakukan. Misalnya, Anda bisa menggunakan warna hijau, pink, atau coral pada area istirahat untuk memberikan rasa rileks sebagaimana fungsi areanya.

Skema warna pada kantor haruslah mempertimbangkan faktor-faktor pendukung lainnya, seperti cahaya dan banyaknya ruangan di kantor Anda. Untuk memungkinkan itu semua, Anda bisa berkosultasi dengan kosultan interior agar mendapatkan perencanaan dan keseimbangan warna serta desain interior yang tepat untuk kantor Anda. Sebab, memilih warna tidak bisa asal saja karena menyangkut produktivitas orang banyak.

Selain itu, pertimbangan lain yang harus Anda perhatikan adalah dengan menyesuaikan konsep desain interior kantor Anda.

 

INTERIOR DESAINER: HUBUNGI KAMI MELALUI  HIGHSTREET UNTUK WUJUDKAN BANGUNAN IMPIAN ANDA DAN BERGABUNGLAH BERSAMA HIGHSTREET UNTUK MENJADI PARTNER DESAIN INTERIOR KAMI.

Bagikan Artikel Ini

Kembali

Tutup

Search

Whatsapp Menu