EN | ID
Tutup

Artikel

Tanpa Harus Selalu Ikuti Tren, Ide Desain Interior Kantor Ini Tetap Bikin Nyaman

diposting 11 Februari 2021

Tanpa Harus Selalu Ikuti Tren, Ide Desain Interior Kantor Ini Tetap Bikin Nyaman

Interior Desainer: Hubungi kami melalui  Highstreet untuk wujudkan bangunan impian Anda dan bergabunglah bersama Highstreet untuk menjadi partner desain interior kami.


Pandemi telah memaksa Anda untuk bekerja secara berbeda dan menggunakan teknologi dengan cara baru. Kami telah mengubah cara kami memandang tempat kerja dan lebih memahami perlunya perubahan pada tempat kami bekerja. Kita hidup di dunia yang saling berhubungan dan kita bergantung pada kemampuan kreatif kita untuk mendorong inovasi.

Ada banyak diskusi tentang seperti apa desain kantor tempat kerja di masa depan. Diskusi ini sering kali terjadi dalam tren desain interior kantor, selanjutnya akan ada informasi umum yang digunakan untuk mendukung konsep desain kantor.

Teknologi telah maju dalam beberapa tahun terakhir dan telah memungkinkan Anda untuk menyesuaikan secara individual dalam hidup Anda. Tetapi banyak yang masih mendekati tempat kerja mencari solusi standar. Solusi ini gagal mengenali apa yang penting dan unik tentang setiap organisasi individu yang menempati tempat kerja.

 

Perubahan Desain Kantor

Di tengah pandemi, banyak dari kita yang dipaksa bekerja secara berbeda. Untuk sebagian besar Anda tetap produktif dan melakukan adaptasi. Tetapi Anda diberikan pilihan untuk bekerja, dan pada akhirnya meningkatkan jumlah fleksibilitas yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan Anda.

Tidak ada jalan kembali. Banyak konsep untuk mendesain ruang kantor telah berubah. Saat mendesain kantor tempat kerja baru, proses desain yang khas hanya menyentuh permukaan. Agar efektif, kantor tempat kerja perlu disesuaikan dengan masing-masing kantor. Solusi standar akan sedikit bermanfaat saat ini.

 

Nuansa Desain Kantor Fleksibel

Setiap kantor memiliki seperangkat fungsi dan struktur kantor yang harus ditangani. Ini adalah aplikasi ruang yang sangat penting untuk kinerja dan kesuksesan kantor, tetapi setiap kantor perlu membuat alat yang mendukung tujuannya sendiri.

Ada istilah seperti "berfokus pada orang", yang merupakan konsep penting yang harus dipertimbangkan. Tetapi untuk menjadi sukses, itu membutuhkan fokus pada individu dan tim. Selain memfokuskan diskusi, ini juga menimbulkan prioritas dan pertanyaan yang berbeda untuk setiap kantor. Menerapkan konsep desain kantor yang berfokus pada orang dari kantor lain ke kantor Anda sendiri sepenuhnya akan berbeda dengan maksud konsep tersebut.

Kolaborasi adalah contoh lain yang memiliki variasi pendekatan yang tidak terbatas. Ini mencakup fitur-fitur seperti teknologi terintegrasi dan telah bergeser jauh, tetapi jarang diberikan detail dan perhatian yang seharusnya. Jenis nuansa ini membuat perbedaan besar dalam tingkat kenyamanan dan kinerja.

 

Mengapa Anda Memiliki Ruang Kantor?

Tanggapan langsung, dan terlalu sederhana, untuk pertanyaan ini adalah bahwa kantor menampung orang-orang dan operasi. Apa yang hilang adalah pemahaman yang jelas tentang alasan mendasar mengapa kami memiliki ruang kantor. Jika Anda berjuang untuk memahami, mari kita bahas lebih dalam dan tanyakan: mengapa sebuah organisasi memiliki orang dan operasi untuk memulai?

Jawaban tersebut akan bervariasi, tetapi mungkin akan menjadi tanggapan yang spesifik dan strategis terhadap tujuan. Dengan pemikiran tersebut, desain ruang kantor Anda sekarang menjadi alat strategis dan taktis yang Anda miliki untuk mencapai tujuan dan sasaran kantor. Tiba-tiba itu berubah dan ruang kerja Anda menjadi lingkungan yang sangat penting yang menopang semua fungsi dan interaksi yang diperlukan untuk dilakukan kantor Anda.

Analogi yang bagus diibaratkan seperti pembalap mobil dan tim. Mobil adalah tempat kerja. Itu harus tampil dan didesain serta dioptimalkan tergantung pada jenis balapan, lapangan, kondisi, dan kompetisi. Saat ini, seolah-olah ada yang berbelanja mobil di dealer  dengan beberapa opsi standar, langsung dari showroom, kemudian mendapatkan harga terendah, dan akhirnya mencoba menggunakannya untuk tampil dalam persaingan yang sengit. Hal yang sama juga seperti desain kantor Anda.

 

Desain Kantor Bukan Tentang Efisiensi Lagi

Secara tradisional, ukuran ruang kantor hampir selalu tentang efisiensi. Diskusi desain kantor jarang membahas tentang menciptakan tempat kerja terbaik untuk mencapai tujuan perusahaan, meningkatkan kinerja, atau membangun nilai yang bertahan lama. Tidak ada metrik untuk aspirasi ini.

Sasaran efisiensi semakin diperkuat dengan cara Anda mendapatkan ruang kerja Anda. Pertukaran ini adalah perbandingan opsi berdasarkan biaya yang mengarah pada "kesepakatan terbaik". Mulai dari kesepakatan sewa, desain, hingga furnitur yang dibeli. Menegosiasikan kesepakatan yang bagus untuk apa pun itu penting, tetapi tidak mengorbankan kinerja untuk mencapai tujuan atau sasaran Anda.

 

Desain Kantor Masa Depan

Setahun terakhir ini telah membuktikan bahwa Anda dapat bekerja dari mana saja dan bahwa kantor tempat kerja bukan lagi sekadar tempat Anda muncul untuk bekerja. Kantor tempat kerja harus memberikan alasan yang kuat, jelas, dan tidak perlu dipertanyakan lagi untuk berada di sana, sambil memberikan hal-hal khusus yang tidak dapat Anda lakukan di tempat lain.

Sekarang pertanyaannya adalah bagaimana cara Anda mendorong kreativitas dan inovasi dalam desain kantor?

Saat vaksin didistribusikan dan Anda menantikan masa depan yang aman, ada lebih banyak opsi dan kemungkinan kombinasi untuk kantor tempat kerja Anda daripada yang pernah Anda miliki di masa lalu. Jika kantor tempat kerja ingin bekerja pada tingkat tertinggi dan paling berharga, Anda perlu menjawab pertanyaan yang mendasar tentang mengapa Anda membutuhkan ruang fisik kantor dan nilai apa yang diberikannya bagi perusahaan Anda.

Mendesain kantor tempat kerja hanya untuk menampung bakat dan operasi bukan lagi respons yang memadai. Pemikiran seperti itu bisa saja menjadi kelalaian tugas yang boros. Sayangnya, banyak yang masih terjebak dalam cara berpikir yang sudah ketinggalan zaman ini.

desain kantor nyaman

Para ahli yang membagikan pendapatnya mendesain untuk orang-orang seringkali kehilangan intinya. Mendesain ruang kantor untuk mendukung orang, memberikan pengalaman yang hebat, dan menciptakan lingkungan kerja yang sehat sekarang hanyalah syarat dasar minimum. Ini hanyalah cara yang perlu dilakukan, atau Anda telah menyia-nyiakan uang Anda.

Pikirkan tentang ruang kerja Anda saat ini. Kesan apa yang ditawarkan? Apa pesan yang dikomunikasikan? Apakah Anda mempertimbangkannya atau tidak, Anda telah menciptakan pengalaman yang membuat orang bereaksi. Anda memiliki kesempatan untuk menciptakan kesan, menginspirasi orang, ruang kantor yang akan berfungsi sebagai alat untuk mendorong kinerja.

 

Bagaimana menurut Anda? Apakah desain kantor fisik tetap penting pada masa seperti ini? Apalagi dengan adanya perubahan cara kerja Anda yang bisa bekerja dari tempat mana saja. Atau Anda ingin mengubah desain kantor Anda agar bisa beradaptasi dengan pandemi yang masih terjadi ini? Sebaiknya desain kantor Anda aman dan fleksibel untuk orang-orang yang bekerja dari kantor.

 

Artikel ini disadur dari The Fundamental Need For Office Space Has Nothing To Do With Trends


Interior Desainer: Hubungi kami melalui  Highstreet untuk wujudkan bangunan impian Anda dan bergabunglah bersama Highstreet untuk menjadi partner desain interior kami.

Bagikan Artikel Ini

Kembali

Tutup

Search

Whatsapp Menu